PERANAN LAYANAN PUSTAKAWAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MANADO

Authors

  • Dea Pramesti Puspa
  • Mariam Sondakh
  • Leviane Jackelin Hera Lotulung

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana cara pustakawan melayani pemustaka dalam memenuhi kebutuhan informasi di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Manado. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata pengunjung pada bulan Oktober 2022 yang datang ke perpustakaan IAIN Manado berjumlah 240 orang. Sampel pada penelitian ini adalah 60 orang yang mengacu pada teori Arikunto (2005), bahwa jika penulis memiliki beberapa ratus subjek dalam populasi, maka penulis dapat menentukan 25-30% dari jumlah tersebut. Jika jumlah anggota subjek dalam populasi hanya meliputi 100-150 orang, maka dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan angket, sebaiknya sejumlah subjek itu diambil secara keseluruhan, maka ditarik sampel 25% dari 240. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, dengan 5 indikator teori yaitu keandalan, ketanggapan, keyakinan, empati, dan bukti langsung. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa peran layanan pustakawan dalam memenuhi kebutuhan informasi cukup baik dibuktikan dengan jumlah rata-rata presentase untuk setiap indikator dengan jawaban ya adalah 76,7% dan jumlah rata-rata presentase untuk setiap indikator dengan jawaban tidak adalah 70,9%.

Kata Kunci: Layanan Pustakawan, Kebutuhan Informasi

 

COVER ACTA

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Puspa, D. P., Sondakh, M., & Lotulung, L. J. H. (2023). PERANAN LAYANAN PUSTAKAWAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MANADO . ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(3), 6. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/55503

Most read articles by the same author(s)

> >>