INTERAKSI KELOMPOK NELAYAN DALAM MENINGKATKAN TARAF HIDUP DI DESA TEWIL KECAMATAN SANGAJI KABUPATEN MABA HALMAHERA TIMUR

Authors

  • Fanesa Fargomeli

Abstract

Masyarakat nelayan merupakan salah satu bagian masyarakat Indonesia yang hidup dengan mengelola potensi sumberdaya perikanan. Sebagai suatu masyarakat yang tinggal dikawasan pesisir, masyarakat nelayan mempunyai karakteristik sosial tersendiri yang berbeda dengan masyarakat yang tinggal diwilayah daratan.
Penelitian ini berupaya mengungkapkan tentang pola interkasi dari kehidupan masyarakat nelayan di Desa Tewil Kecamatan Sangaji Kabupaten Maba Halmahera Timur dalam upaya mereka untuk meningkatkan taraf hidup.
Hasil penelitian menemukan antara lain bahwa meskipun berbagai upaya telah mereka lakukan namun umumnya taraf hidup berupa peningkatan kesejahteraan yang diarapkan mereka masih sulit terwujud. Hal mana disebabkan oleh karena kesulitan yang mereka alami untuk memperoleh modal usaha dari pemerintah sehingga pola hidup mereka bersifat subsistence dan sangat tergantung pada pola interaksi patron-client antara nelayan dengan para tengkulak selaku pemilik modal dan aset perikanan.
Kata Kunci: interkasi kelompok, taraf hidup

Downloads

Published

2014-10-21

How to Cite

Fargomeli, F. (2014). INTERAKSI KELOMPOK NELAYAN DALAM MENINGKATKAN TARAF HIDUP DI DESA TEWIL KECAMATAN SANGAJI KABUPATEN MABA HALMAHERA TIMUR. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/5728

Issue

Section

Articles