OPTIMALISASI TUGAS DAN FUNGSI BIDANG PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA DI KABUPATEN HALMAHERA UTARA (Studi tentang Komunikasi Pemasaran pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan )
Abstract
Optimization of Duties and Functions of Marketing In Promoting Tourism In North Halmahera (Marketing Communication Studies at the Office of Tourism and Culture District. Halut). This study aimed to: identify factors causing less optimal duties and functions of marketing in promoting tourism in the district of North Halmaheta, knowing how efforts to optimize the tasks and functions of marketing in tourism promotion in northern Halmahera.
This study uses the theory of motivation with qualitative research methods. The subject of research are employees of the Department of Tourism North Halmahera, especially in marketing amounted to 7 people and all of them serve the research informants.The results showed that the factors causing less optimal duties and functions that the quality of human resources that tourism is still low, the lack of community participation, and northern Halmahera not sufficiently known in the field of tourism in Indonesia because it is still relatively new district. Efforts to optimize the tasks and functions in the promotion of tourism is through ivent or exhibitions or via the Internet/website.It is necessary for improving the quality of tourism human resources and community participation in the development of culture and tourism of North Halmahera region to the more widely known in Indonesia and overseas.
Keywords: Optimization, Marketing, Promoting, Tourism.
Abstrak
Optimalisasi Tugas dan Fungsi Bidang Pemasaran Dalam Mempromosikan Pariwisata Di Kabupaten Halmahera Utara (Studi Tentang Komunikasi Pemasaran Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kab. Halut). Penelitian ini ditujukan untuk : mengetahui faktor penyebab kurang optimalnya tugas dan fungsi bidang pemasaran dalam mempromosikan pariwisata di Kabupaten Halmaheta Utara, mengetahui bagaimanakah upaya mengoptimalkan tugas dan fungsi bidang pemasaran dalam promosi pariwisata di Halmahera utara.Penelitian ini menggunakan teori motivasi dengan metode penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi subjek penelitian yaitu pegawai Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Utara, khususnya bidang pemasaran berjumlah 7 orang dan semuanya dijadikan informan penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab kurang optimalnya tugas dan fungsi yaitu kualitas SDM pariwisata yang masih rendah, kurangnya peran serta masyarakat, dan Kabupaten Halmahera utara belum cukup dikenal dalam bidang pariwisata di Indonesia karena masih tergolong Kabupaten baru. Upaya untuk mengoptimalkan tugas dan fungsi dalam promosi pariwisata yaitu lewat ivent atau pameran maupun lewat internet/website.Untuk itu diperlukan peningkatan kualitas SDM pariwisata dan peran serta masyarakat dalam mengembangkan kebudayaan dan pariwisata daerah agar Kabupaten Halmahera Utara semakin dikenal luas di Indonesia maupun mancanegara.
Kata Kunci : Optimalisasi, Pemasaran, Mempromosikan, Pariwisata.