PERANAN HUMAN RELATIONS TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) PROPINSI SULAWESI UTARA

Authors

  • Lidia Lengkey
  • Meity D. Himpong
  • Norma N. Mewengkang

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya keterlibatan sumber daya manusia di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Utara dalam pencapaian tujuan organisasi yang bisa menjadi tantangan. Karena itu dibutuhkan human relations dengan memberikan rasa nyaman, aman dan hati yang puas dalam bekerja, sehingga meningkatkan motivasi kerja pegawai yang berdampak kepada produktivitas kerja.

Secara singkat human relations adalah suatu proses interaksi yang terjadi antara seseorang dengan orang lain untuk mendapatkan adanya saling pengertian, kesadaran dan kepuasan psikologis. Dan motivasi kerja merupakan suatu perangsang keinginan dan daya penggerak kemauan yang menciptakan kegairahan seseorang untuk mencapai suatu tujuan yang dikendaki. Dalam teori human relations beranggapan bahwa komunikasi interpersonal untuk mengubah perilaku seseorang lewat interaksi untuk membangun suasana akrab dalam kerja sama yang dapat memberikan motivasi dalam bekerja dengan perasaan puas. Teori motivasi prestasi, mengemukakan ada tiga komponen dasar yang dapat digunakan untuk memotivasi orang bekerja, yaitu kebutuhan untuk sukses, kebutuhan akan kehangatan dan kebutuhan untuk menguasai.

Penelitian ini menggunakan metode Korelasional Kuantitatif. Populasi berjumlah 72 orang dan semua dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment dan regresi linier sederhana.

Hasil perhitungan menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara variabel dependen dan independen, dimana "ð‘¡ð‘¢ð‘—ð‘–" = 4,617 > "ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™" = 1,67. Hasil Koefisien diterminan total menunjukkan 41,1% dan sisanya 58,9% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil analisis linear sederhana menunjukkan terdapat hubungan yang fungsional dan linear diantara kedua variabel Peranan Human Relations terhadap Motivasi Kerja Pegawai di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Utara.

Diharapkan dengan human relations organisasi harus memperhatikan kesejahteraan pegawai demi kemajuan organisasi. Untuk memotivasi kerja pegawai arah yang lebih produktif, bukan hanya kebutuhan fisik saja yang diperhatikan tetapi yang paling penting yaitu kebutuhan psikologis dari pegawai juga harus diperhatikan.
Kata Kunci : Human Relations, Motivasi Kerja

Downloads

How to Cite

Lengkey, L., Himpong, M. D., & Mewengkang, N. N. (2015). PERANAN HUMAN RELATIONS TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) PROPINSI SULAWESI UTARA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/7497

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>