PERAN PUSTAKAWAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MAHASISWA

Authors

  • Mukmin Hi. Muhammad

Abstract

Education is a scientific institution to learning, inspect, research and to develop the science in a freeway and objectives. That’s why the library is a must in university to give the information and knowledge to student. The librarian’s role is to organizer information source or provide and develop the information resource that relevant with customer’s needs and comprehensive; so, the librarian need to have any information and always try to get a clear and comprehensive information.
This research method is qualitative method. Qualitative research is the research that describe the fact that happened in the location of this research
The conclusion of this research is: the librarian’s role is to improve the student enthusiasm to read a book in UPT Perpustakaan Khairun Ternate isn’t fully. The factor that make the librarian’s role doesn’t complete is the librarian’s background, there is no facilities to improve their skills and they are lack of socialization.

Abstrak
Pendidikan tinggi adalah lembaga ilmiah untuk mempelajari, menggali, mengkaji atau meneliti dan mengembangkan ilmu pengetahuan secara bebas dan objektif untuk itulah keharusan adanya perpustakaan di perguruan tinggi yaitu memberi informasi dan pengetahuan kepada masyarakat kampus. Peran pustakawan sebagai pengelola sumber informasi atau menyediakan dan mengembangkan koleksi sumber informasi yang relevan dengan kebutuhan pengguna, mutakhir, dan komprehensif; untuk itu pustakawan perlu memiliki informasi yakni kemauan untuk selalu berusaha memperoleh informasi yang mutakhir dan komprehensif.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan fakta atau peristiwa yang terjadi di lapangan.
Kesimpulan dalam penelitian ini : Peran Pustakawan Dalam meningkatkan minat baca Mahasiswa di UPT Perpustakaan Khairun Ternate belum maksimal. Faktor yang menyebabkan kurang maksimalnya Peran tersebut adalah, latar belakang Pustakawan yang masih minim, sarana prasarana yang kurang memadai, sosialisasi yang kurang maksimal.

Downloads

How to Cite

Muhammad, M. H. (2015). PERAN PUSTAKAWAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MAHASISWA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/7712

Issue

Section

Articles