PERANAN HUMAS DALAM PELAKSANAAN MONITORING EVALUASI DI KANTOR DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI SULAWESI UTARA

Authors

  • Rezky Queen Ganesha Mewengkang
  • Johnny Senduk

Abstract

Peran humas pada dinas Kelautan dan Perikanan dibawah kendali oleh sekretaris dalam hal ini kegiatan pelaksanaan monitoring evaluasi memiliki bidang tersendiri dalam penangananya dan beberapa bidang lainnya yang turut berperan melaksanakan tugas dan fungsi humas.
Dinas Kelautan dan Perikanan beralamatkan di kompleks pertanian Kalasey kecamatan Mandolang. Dalam pelaksanaan monitoring evaluasi biasanya diadakan setahun sekali, masing-masing bidang menyampaikan laporan pada pelaksanaan kegiatan tersebut. Berdasarkan latar belakang itulah sehingga penulis ingin meneliti tentang peranan Humas dalam Pelaksanaan Monitoring Evaluasi di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara.
Menurut Bernays (dalam Widjaya, 1993;54), Hubungan Masyarakat adalah Pembujukan secara langsung terhadap masyarakat guna mengubah sikap dan tindakan, serta dapat member penerangan kepada masyarakat atau juga sbagai usaha-usaha mengintegrasikan sikap dan tindakan dari permasalahan dengan masyarakat dan dari masyarakat terhadap permasalahannya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu suatu penelitian kontekstual yang menjadikan manusia sebagai instrumen, dan disesuaikan dengan situasi yang wajar dalam kaitannya dengan pengumpulan data yang pada umumnya bersifat kualitatif. Menurut Taylor (dalam Moleong, 2007:3) merupakan prosedur meneliti yang menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, kemudian dideskripsikan dalam bentuk kalimat.
Humas Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara pada realisasinya di atur oleh beberapa bagian berkompeten seperti bidang monitoring evaluasi, bidang pengembangan dan pengkajian, sub bagian kepegawaian dan hukum, sub bagian perencanaan dan keuangan dan keseluruhan kegiatan Humas pada kantor Dinas Kelautan dan Perikanan dijalankan oleh sepenuhnya oleh Sekretaris kantor Dinas Kelautan dan Perikanan yang juga sebagai Pejabat Eselon Tiga.
Keyword: Peranan Humas, Monitoring Evaluasi

Downloads

How to Cite

Mewengkang, R. Q. G., & Senduk, J. (2015). PERANAN HUMAS DALAM PELAKSANAAN MONITORING EVALUASI DI KANTOR DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI SULAWESI UTARA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/7713

Issue

Section

Articles