PERAN KOMUNIKASI DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK DIANTARA REMAJA DI DESA SENDANGAN KECAMATAN KAKAS

Authors

  • Ryan A. Lompoliu
  • Yuriwaty Pasoreh

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa seringkali suatu hubungan mengalami konflik dan mulai mengalami kemunduran yang disebabkan adanya proses negosiasi yang tidak berjalan dengan baik dan mengakibatkan pola komunikasi diantara remaja berubah. Penelitian ini dilakukan di desa Sendangan Kecamatan Kakas.
Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik dengan Metode Deskriptif. Kuesioner yang dibagikan kepada 56 responden yang mana setiap responden menjawab setiap pertanyaan yang diberikan.
Hasil penelitian ini adalah Komunikasi kurang berperan dalam menyelesaikan Konflik Diantara remaja Di Desa Sendangan Kecamatan Kakas dalam arti karena kurang berperannya komunikasi maka tidak dapat menyelesaikan konflik.
Saran yang diberikan untuk dapat menyelesaikan konflik perlu diperhatikan komunikasi yang efektif baik dengan pemerintah maupun diantara remaja dengan memperhatikan frekuensi berkomunikasi, bentuk pesan (formal, informal) kepercayaan, penerimaan, empati, kejujuran, sikap terbuka harus lebih ditingkatkan.
Kata Kunci: Komunikasi, Konflik

Downloads

How to Cite

Lompoliu, R. A., & Pasoreh, Y. (2015). PERAN KOMUNIKASI DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK DIANTARA REMAJA DI DESA SENDANGAN KECAMATAN KAKAS. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/7714

Issue

Section

Articles