MANFAAT SELEKSI DALAM PENGEMBANGAN BAHAN PUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNSRAT UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI BAGI MAHASISWA

Authors

  • Olivia C. Mandey
  • Antonius M. Golung
  • Ridwan Paputungan

Abstract

Salah satu sumber belajar yang amat penting adalah perpustakaan yang harus memungkinkan tenaga pendidik dan para peserta didik memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan dengan membaca bahan pustaka.
Perpustakaan dinyatakan kualitas baik, jika perpustkaan memenuhi beberapa persyaratan diantaranya adalah koleksi relevan dengan kebutuhan pengguna, akurat dan actual, sumber daya manusia yang profesional sistem layanan yang cepat dan didukung oleh sarana temu kembali serta sarana dan prasarana yang memadai.
Pengembangan bahan pustaka merupakan proses memastikan bahwa kebutuhan informasi dari para pemakai akan terpenuhi secara tepat waktu dan tepat guna dengan memanfaatkan sumber-sumber informasi yang dihimpun oleh perpustakaan, pengetahuan dan kemampuan pustakawan dalam melakukan seleksi sangat kurang tidak tersedianya alat bantu seleksi seperti catalog penerbit, tidak adanya komunikasi antara pihak perpustakaan dan pengguna perpustakaan termasuk mahasiswa.
Menurut basuki (1991:3) perpustakaan adalah sebuah ruangan atau bagian sebuah ruangan yang digunakan untuk menyimpan buku terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca,bukan untuk dijual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Penelitian dilakukan terhadap 40 responden di UPT Perpustakaan Unsrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengembangan koleksi, kegiatan seleksi sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi pemustaka khususnya mahasiswa.
Melalui penelitian ini juga disarankan bahwa sebaiknya UPT Perpustakaan Unsrat setiap tahun menyisihkan anggaran yang memadai untuk pengembangan koleksi atau untuk pengadaan koleksi supaya bahan pustaka yang tersedia selalu ada yang terbaru atau termutakhir.
Kata kunci: manfaat seleksi bahan pustaka, informasi, mahasiswa.

Downloads

How to Cite

Mandey, O. C., Golung, A. M., & Paputungan, R. (2015). MANFAAT SELEKSI DALAM PENGEMBANGAN BAHAN PUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNSRAT UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI BAGI MAHASISWA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/7846

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>