PERAN KOMUNIKASI PETUGAS LOKET TERHADAP PELANGGAN DI KANTOR POS CABANG MANADO
Abstract
Petugas loket di kantor pos sangatlah penting untuk melayani pelanggan kantor. Petugas loket haruslah berkomunikasi yang baik ketika melayani pelanggan, harus cepat mengerti dan tau apa yang di inginkan oleh pelanggan. Menjadi petugas loket di kantor pos harus juga di dukung oleh penampilan yang menarik, karena itu juga akan menjadi salah satu pendukung dan penilaian dari pelanggan.
Yang masih menjadi permasalahan di kantor pos Manado adalah terjadinya gangguan sistem. Jika itu terjadi maka di loket akan mengalami keterlambatan melayani para pelanggan sehingga terjadi antrian yang panjang menyebabkan keluhan dari pelanggan. Petugas loket tau bagaimana cara berkomunikasi agar supaya pelanggan tidak mengeluh dan marah-marah. Seorang pelanggan juga banyak berinteraksi dengan petugas loket sehingga penanganan kualitas pelayanan di fokuskan kepada para petugas loket. Dari kualitas komunikasi yang baik, citra baik pun dapat terbentuk di mata pelanggan karena dapat menjadi salah satu hal yang mempengaruhi pilihan pelanggan. Oleh karena itu sangat menarik untuk melihat bagaimana cara petugas loket berkomunikasi terhadap pelanggan dalam bidang pelayanan.
Dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan teori S-O-R maka hasil penelitian menemukan bahwa ternyata peran petugas loket sangat penting dalam tugasnya melayani pelanggan di kantor pos.
Kata kunci: peran, petugas loket, melayani, pelanggan