PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP LAYANAN SPDN (Solar Packed Dealer Nelayan) DI DESA BORGO SATU KECAMATAN BELANG KABUPATEN MINAHASA TENGGARA
DOI:
https://doi.org/10.35800/akulturasi.8.1.2020.28330Keywords:
Nelayan, SPDN, Layanan, Kepuasan KonsumenAbstract
Abstract
The purpose of this study, namely: to determine consumer perceptions of SPDN services in the Village of Borgo Satu, Belang District, South Minahasa Regency. The method used in this study is a survey method. The collection technique was done by purposive sampling, taken as many as 30 respondents from the population (25%), because the number of fishermen in the village of Borgo Satu, Belang District, Southeast Minahasa Regency is quite large, amounting to 197 fishermen, with an estimated fishermen who access SPDN of 120 fishermen. Data analysis used a descriptive approach, which is to tabulate data, calculate the number, average, minimum and maximum values. To answer the research objectives, a Likert Scale is used, which is a scale used to measure the opinions and perceptions of individuals or groups of people about social phenomena (Sugiono, 2008)
Keywords: Fisherman, SPDN, Service, Consumer Satisfaction
Â
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini, yaitu: mengetahui persepsi konsumen terhadap layanan SPDN di Desa Borgo Satu Kecamatan Belang Kabupaten Minahasa Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Teknik pengumpulan dilakukan secara purposive sampling, diambil sebanyak 30 responden dari populasi (25%), karena jumlah nelayan yang ada di Desa Borgo Satu Kecamatan Belang Kabupaten Minahasa Tenggara cukup besar yaitu berjumlah 197 nelayan, dengan perkiraan nelayan yang mengakses SPDN sebesar 120 nelayan. Analisis data digunakan pendekatan secara deskriptif, yaitu melakukan tabulasi data, perhitungan jumlah, rata-rata, nilai minimum dan maksimum. Guna menjawab tujuan penelitian digunakan Skala Likert, yaitu skala yang digunakan untuk mengukur sikap pendapat dan persepsi seseorang atau kelompok orang tentang fenomena sosial (Sugiono, 2008).
Kata kunci: Nelayan, SPDN, Layanan, Kepuasan Konsumen