Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah Di TK Pembina Kota Manado
DOI:
https://doi.org/10.35790/mnsj.v1i3.50205Abstract
Latar belakang. Anak prasekolah memiliki banyak tugas perkembangan yang harus dicapai salah satunya perkembangan sosial. Apabila terjadi masalah pada proses perkembangan anak maka bisa menyebabkan terjadinya masalah pada anak seperti anak cenderung tidak percaya diri. Berdasarkan hasil penelusuran literatur, pola asuh merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan pada anak. Penelitian ini dilakukan di TK Pembina Kota Manado yang merupakan TK Negeri dengan jumlah siswa yang cukup banyak. Tujuan. Untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak usia prasekolah di TK Pembina Kota Manado
Metode. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pasangan orang tua dan anak usia prasekolah di TK Pembina Kota Manado. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria inklusi yaitu anak berusia 3-6 tahun, anak yang mengikuti pendidikan di TK Pembina Kota Manado, anak yang diasuh dan tinggal bersama dengan orang tua, dan anak sehat. Berdasarkan perhitungan sampel didapatkan besar sampel sebanyak 81 pasangan orang tua dan anak. Instrument yang digunakan adalah Parenting Styles and Dimensions Questionnaire-Short Version (PSDQ) dan Denver Developmental Screening Test (DDST)/ Denver II.
Hasil. Uji statistic menggunakan uji gamma, didapatkan nilai p = 0,002 (p < 0,05) dan didapatkan nilai r = 0,542.
Kesimpulan. Terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak usia prasekolah di TK Pembina Kota Manado.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Annisaa Dewi Isnaeni, Jeannet I.Ch. Manoppo, Susi Roida Simanjuntak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.