Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Manado
DOI:
https://doi.org/10.35790/mnsj.v2i2.55776Abstract
Latar belakang: Caring merupakan landasan seluruh proses keperawatan yang menggambarkan kesatuan nilai-nilai kemanusiaan yang utuh, dan caring dapat dicapai dengan memberikan perhatian, penghargaan, tanggung jawab, dan bantuan yang tulus kepada pasien sebagai pribadi seutuhnya. Kepuasan pasien adalah hasil penilaian dari pasien terhadap pelayanan kesehatan dengan membandingkan layanan yang diharapkan sesuai dengan kenyataan pelayanan kesehatan yang diterima di suatu tatanan kesehatan rumah sakit. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Manado. Metode: Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional study dengan metode penelitian kuantitatif, menggunakan Uji Spearman, sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 150 pasien. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner, teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 25. Hasil Penelitian: Terdapat hubungan antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien sedang dengan (p-value = 0,005) dan kekuatan korelasi (nilai r =0,428). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Manado.
Kata Kunci: Perilaku caring, kepuasan pasien, pasien
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syehren Janel Imanuelle Wuisan, Ferlan Pondaag, Dina Mariana Larira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.