PENCAHAYAAN ALAMI PADA BANGUNAN BERKORIDOR TENGAH DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PENCAHAYAAN TABUNG HORIZONTAL

Authors

  • Mardan Anasiru

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v5i1.13200

Abstract

Pencahayaan alami adalah salah satu sistem pencahayan dalam suatu bangunan guna membantu manusia dalam melakukan aktivitasnya. Pada bangunan bervolume besar dan berdenah rumit,, ruang-ruang di bagian tengah bangunan sulit dijangkau oleh pencahayaan alami. Tabung cahaya horizontal digunakan sebagai sarana untuk mendistribusikan cahaya alami ke ruang-ruang di bagian tengah bangunan, di antaranya ke koridor di tengah bangunan.

Metode penelitian yang dilakukan adalah metode experimental dengan menggunakan tabung cahaya, dan simulasi software dengan menggunakan Velux Daylighting Visualizer 2. Pengukuran dilakukan pada tabung cahaya untuk mendapatkan pola distribusi illuminasi cahaya di dalam tabung. Simulasi dilakukan pada software Velux Daylighting Visualizer 2 dengan langkah-langkah yang sama dengan yang dilakukan pada tabung experiment, dengan membuat geometri model tabung virtual.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa cahaya alami dapat didistribusikan secara horizontal. Pola distribusi cahaya di dalam tabung merupakan fungsi non linier. Semakin jauh jangkaun tabung dari bukaan, kuat cahayanya semakin melemah. Hasil simulasi dan pengukuran menunjukkan cahaya alami yang didistribusikan secara horizontal dapat mengkontribusikan cahaya alami ke koridor di bagian tengah bangunan, meskipun nilai illuminasinya kecil.

Kata kunci: Cahaya alami, Tabung Horizontal, Koridor

Downloads

Published

2016-08-29