Penggerombolan Sekolah Menengah Atas Berdasarkan Nilai Ujian Nasional Di Kota Manado

Authors

  • Charles Mongi
  • Chriestie Montolalu

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.6.2.2017.17969

Abstract

Pendidikan di Indonesia khususnya pada pendidikan menengah dan dasar diperhadapkan dengan berbagai permasalahan salah satunya pelaksanaan ujian nasional (UN). Penelitian ini merumuskan bagaimana membuat kelompok SMA di Kota Manado berdasarkan kemiripan karakteristik. Data yang digunakan dalam adalah data nilai ujian nasional SMA di Kota Manado tahun pelajaran 2014/2015. Peubah yang diamati yaitu nilai mata pelajaran berdasarkan program di SMA (program IPA, IPS, dan Bahasa). Pengamatan atau objek yaitu SMA negeri dan swasta di Kota Manado. Metode analisis yaitu analisis deskripsi dengan membuat tabel dan diagram untuk masing-masing peubah dan program. Analisis gerombol berhirarki dengan ukuran jarak Euclidian dan tahapan pembentukan gerombol menggunakan metode ward. Hasil yang didapat yaitu 3 gerombol/kelompok sekolah dengan kelompok pertama terdiri dari 13 sekolah kelompok kedua dengan 11 sekolah dan kelompok ketiga 6 sekolah.

Kata kunci : Penggerombolan, Sekolah Menengah Atas, Ujian Nasional

Author Biographies

Charles Mongi

Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi Manado

Chriestie Montolalu

Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi Manado

Downloads

How to Cite

Mongi, C., & Montolalu, C. (2017). Penggerombolan Sekolah Menengah Atas Berdasarkan Nilai Ujian Nasional Di Kota Manado. d’Cartesian, 6(2), 80–85. https://doi.org/10.35799/dc.6.2.2017.17969

Most read articles by the same author(s)

> >>