Penggerombolan Sekolah Menengah Atas Berdasarkan Nilai Ujian Nasional Di Kota Manado
DOI:
https://doi.org/10.35799/dc.6.2.2017.17969Abstract
Pendidikan di Indonesia khususnya pada pendidikan menengah dan dasar diperhadapkan dengan berbagai permasalahan salah satunya pelaksanaan ujian nasional (UN). Penelitian ini merumuskan bagaimana membuat kelompok SMA di Kota Manado berdasarkan kemiripan karakteristik. Data yang digunakan dalam adalah data nilai ujian nasional SMA di Kota Manado tahun pelajaran 2014/2015. Peubah yang diamati yaitu nilai mata pelajaran berdasarkan program di SMA (program IPA, IPS, dan Bahasa). Pengamatan atau objek yaitu SMA negeri dan swasta di Kota Manado. Metode analisis yaitu analisis deskripsi dengan membuat tabel dan diagram untuk masing-masing peubah dan program. Analisis gerombol berhirarki dengan ukuran jarak Euclidian dan tahapan pembentukan gerombol menggunakan metode ward. Hasil yang didapat yaitu 3 gerombol/kelompok sekolah dengan kelompok pertama terdiri dari 13 sekolah kelompok kedua dengan 11 sekolah dan kelompok ketiga 6 sekolah.
Kata kunci : Penggerombolan, Sekolah Menengah Atas, Ujian Nasional