Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test)

Authors

  • Chriestie Montolalu
  • Yohanes Langi

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113

Abstract

Perkembangan dunia komputer dan teknologi informasi dewasa ini telah mempengaruhi pola kerja dan aktivitas setiap individu. Tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Guru-guru di zaman komputerisasi seperti sekarang ini dituntut untuk bisa melengkapi kemampuan diri dengan keterampilan komputer dan penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran dan juga dalam tugas-tugas administrasi. Namun, beberapa kendala termasuk di dalamnya usia yang tidak muda lagi, terkadang menjadi masalah bagi guru-guru untuk memanfaatkan komputer dan teknologi informasi dalam tugas-tugasnya. Di lain pihak, siswa SD zaman sekarang sudah tidak asing lagi dengan dunia komputer dan internet. Namun demikian, penggunaannya seringkali tidak terkontrol dan tidak tepat sasaran akibat kurangnya pemahaman dan kontrol dari lingkungannya, terlebih khusus di sekolah. Untuk menjawab permasalahan ini, tim akan melaksanakan pelatihan dan sosialisasi penggunaan komputer dan teknologi informasi bagi guru-guru dan siswa-siswa di SD GMIM Kinilow dan SD Katolik Kinilow. Kedua sekolah ini dipilih sebagai mitra antara lain karena perkembangan dunia komputer dan teknologi informasi di kedua sekolah ini cukup signifikan. Hal ini antara lain disebabkan lokasi kedua sekolah ini yang memudahkan berbagai akses dengan ibukota provinsi Sulawei Utara.

Kata kunci:  Komputer, Teknologi Informasi, Uji-T berpasangan

Author Biographies

Chriestie Montolalu

Program Studi Matematika–Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sam Ratulangi Manado, Indonesia

Yohanes Langi

Program Studi Matematika–Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sam Ratulangi Manado, Indonesia

Downloads

How to Cite

Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). d’Cartesian, 7(1), 44–46. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>