Analisis Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Klinik UKSW)

Authors

  • Ester Dwiningsih Putri Permatasari Santoso
  • Bambang Susanto
  • Lilik Linawati

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.7.2.2018.20613

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas layanan yang terdiri dari layanan pendaftaran, layanan dokter, layanan obat dan laboratorium terhadap kepuasan pelanggan di Klinik Universitas Kristen Satya Wacana. Sampel diambil sebanyak 150 responden dari pelanggan Klinik Universitas Kristen Satya Wacana dengan metode quota sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi dan Fuzzy Quantification Theory I. Data yang diperoleh diolah dengan bantuan Microsoft Excel untuk analisis regresi dan aplikasi berbasis Matlab untuk Fuzzy Quantification Theory I. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas layanan dokter umum memberikan kontribusi terbesar terhadap kepuasan pelanggan.

Kata Kunci:  

fasilitas, fuzzy quantification theory I, kepuasan pelanggan, layanan, regresi.

Author Biographies

Ester Dwiningsih Putri Permatasari Santoso

Program Studi Matematika–Fakultas Sains dan Matematika–UKSW, Jln. Diponegoro N0. 52-60, Salatiga 50711, Indonesia

Bambang Susanto

Program Studi Matematika–Fakultas Sains dan Matematika–UKSW, Jln. Diponegoro N0. 52-60, Salatiga 50711, Indonesia

Lilik Linawati

Program Studi Matematika–Fakultas Sains dan Matematika–UKSW, Jln. Diponegoro N0. 52-60, Salatiga 50711, Indonesia

Downloads

How to Cite

Santoso, E. D. P. P., Susanto, B., & Linawati, L. (2018). Analisis Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Klinik UKSW). d\’Cartesian: Jurnal Matematika Dan Aplikasi, 7(2), 47–51. https://doi.org/10.35799/dc.7.2.2018.20613