Penentuan Jalur Terpendek untuk Evakuasi Tsunami di Kelurahan Titiwungen Selatan dengan Menggunakan Algoritma Floyd Warshall dan Algoritma A-Star (A*)

Authors

  • Stephanie Elysia Chungdinata
  • Jullia Titaley
  • Chriestie E.J.C. Montolalu

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.8.1.2019.23873

Abstract

Kota Manado yang terletak di Sulawesi Utara merupakan salah satu daerah rawan bencana gempa bumi dan tsunami di Indonesia. Sehingga, sangat penting untuk mengetahui jalur evakuasi tsunami di daerah yang berpotensi tsunami di Kota Manado, salah satunya Kecamatan Titiwungen Selatan. Mengacu pada beberapa penelitian sebelumnya, jalur evakuasi akan dimodelkan dengan menggunakan Teori Graf, khususnya konektivitas antar objek pada graf berbobot. Persimpangan jalan akan direpresentasikan sebagai simpul (titik), dan jalur evakuasi tsunami akan direpresentasikan sebagai sisi (garis). Jalur evakuasi terpendek akan dicari dengan membandingkan algoritma Floyd Warshall dan algoritma A-Star (A*) karena kedua algoritma ini memiliki karakteristik yang berbeda. Berdasarkan hasil analisis dari algoritma Floyd Warshall dan algoritma A* dapat disimpulkan bahwa dalam penentuan jalur terpendek untuk evakuasi tsunami, hasil dari Algoritma Floyd Warshall lebih optimal karena memiliki bobot yang lebih kecil. Sehingga, jalur terpendek untuk evakuasi tsunami di Kelurahan Titiwungen Selatan diambil dari hasil perhitungan dengan menggunakan Algoritma Floyd Warshall.

Kata Kunci: Jalur Evakuasi Tsunami, Jalur Terpendek, Algoritma Floyd Warshall, Algoritma A-Star (A*)

Author Biographies

Stephanie Elysia Chungdinata

Jurusan Matematika FMIPA Universitas Sam Ratulangi Manado

Jullia Titaley

Jurusan Matematika FMIPA Universitas Sam Ratulangi Manado

Chriestie E.J.C. Montolalu

Jurusan Matematika FMIPA Universitas Sam Ratulangi Manado

Downloads

Published

2019-03-31

How to Cite

Chungdinata, S. E., Titaley, J., & Montolalu, C. E. (2019). Penentuan Jalur Terpendek untuk Evakuasi Tsunami di Kelurahan Titiwungen Selatan dengan Menggunakan Algoritma Floyd Warshall dan Algoritma A-Star (A*). d’Cartesian, 8(1), 18–26. https://doi.org/10.35799/dc.8.1.2019.23873

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>