Penggunaan Analisis Multidimensional Scaling Untuk Mengetahui Kemiripan Rumah Makan Di Manado Town Square Berdasarkan Kerakteristik Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.35799/dc.3.1.2014.3806Abstract
Abstract
Multidimensional Scaling (MDS) is a technique that can be used in multiple variables to determine the position of other objects based on similarity assessment. The purpose of this study is to obtain a description of the restaurant and the customers know the similarities between the restaurants as object of research. The result of Multidimensional Scaling map shows that WarungPojok and Solaria restaurant have a same rate in taste of food category due to the distance is near each other. As for the restaurant Bakmi Naga, Ayam Penyet and Kawan Baru have relative position between each other which means the three restaurants unsimillarity.
Keywords : Multidimensional Scaling, Mapping, Map Perception, Restaurant
.
Abstrak
Multidimensional Scalling (MDS)merupakan salah satu teknik peubah ganda yang dapat digunakan untuk menentukan posisi suatu objek lainnya berdasarkan penilaian kemiripannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi pelanggan terhadap rumah makan serta mengetahui kemiripan antara rumah makan yang dijadikan objek penelitian. Hasil dari peta analisis Multidimensional Scaling dapat dilihat bahwa rumah makan Warung Pojok dan Solaria memiliki tingkat kemiripan di cita rasa makanankarena jarak yang saling berdekatan. Sedangkan untuk rumah makan Bakmi Naga, Ayam Penyet dan Kawan Baru menempati posisi relatif saling berjauhan antar satu dengan yang lain yang berarti ketiga rumah makan ini tidak mempunyai kemiripan atau ketakmiripan.
Kata kunci : Multidimensional Scaling, Pemetaan, Peta Persepsi, Rumah Makan