Pengaruh Kemampuan Belajar Tingkat Tinggi (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas XII SMK Negeri 1 Boronadu
DOI:
https://doi.org/10.35799/dc.13.1.2024.54484Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan belajar tingkat tinggi terhadap hasil belajar siswa di kelas XII SMK Negeri 1 Boronadu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen tes berbentuk deskriptif. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah sama yaitu seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 1 Boronadu yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 50 orang. Analisis data menggunakan Regresi Linear dengan bantuan SPSS dan diperoleh kesimpulan : 1) Ada pengaruh kemampuan menganalisis (C4) terhadap hasil belajar pada materi SPLDV, dinyatakan dengan regresi Y = 66,733 + 0,817X 1 dan kontribusi variansnya 27,3% terhadap Y di dalam model regresi, 2) Ada pengaruh kemampuan berputar (C5) terhadap hasil belajar pada materi SPLDV, dinyatakan dengan regresi Y = 64,255 + 0,976X 2 dan sumbangan variansnya 32,1% terhadap Y di dalam model regresi, 3) Ada pengaruh kemampuan mencipta (C6 ) terhadap hasil belajar pada materi SPLDV, dinyatakan dengan regresi Y = 69,845 + 0,618X 3 dan kontribusi variansnya 22,8% terhadap Y di dalam model regresi, 4) Ada pengaruh kemampuan menganalisis (C4), kemampuan meminjam (C5), dan kemampuan mencipta (C6) terhadap hasil belajar pada materi SPLDV, dinyatakan dengan regresi Y = 55,666 + 0,456X 1 + 0,698 X 2 + 0,315 X 3 dan kontribusi variansnya 46,6% terhadap Y di dalam model regresi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Limasso Gultom, Firman Pangaribuan, Hardi Tambunan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Hak cipta