PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA BIRO ORGANISASI SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI SULAWESI UTARA
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22464Abstract
Abstrak: Sumber daya manusia dalam suatu organisasi merupakan penentu yang sangat penting bagi keefektifan berjalannya kegiatan didalam organisasi. Pentingnya menerapkan budaya organisasi dan komitmen organisasi didalam sebuah organisasi adalah satu cara yang bisa digunakan pemimpin untuk meningkatkan produktivitas kerja dari para pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap produktivitas kerja pada Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Pendekatan penelitian ini merupakan sebuah penelitian yang bersifat kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer  yang diperoleh langsung dari responden penelitian melalui wawancara dan kuesioner dilapangan serta data sekunder yang diperoleh dalam bentuk sudah jadi, sudah dikumpulkan dan diolah oleh pihak lain. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 43 orang responden. Analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: secara simultan budaya organisasi dan komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Secara parsial budaya organisasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap produktivitas kerja. Secara parsial komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Pimpinan Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara sebaiknya meningkatkan lagi faktor yang mendukung budaya organisasi agar produktivitas kerja dapat meningkat.
Â
Kata Kunci: budaya organisasi, komitmen organisasi, produktivitas kerja