PENGARUH ElECTRONIC WORD OF MOUTH DAN CELEBRITY ENDORSER DENGAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION PEMBELIAN TIKET ONLINE (STUDI PADA SITUS TRAVELOKA)

Authors

  • Mauren Watung Universitas Sam Ratulangi
  • James D.D Massie Universitas Sam Ratulangi
  • Imelda W.J Ogi Universitas Ekonomi dan Bisnis

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.39356

Abstract

 Pembelian tiket secara online disebabkan tren pariwisata digital mendorong munculnya situs perjalanan online seperti Traveloka sebagai pemimpin pasar.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth dan celebrity endorse dan brand image secara signifikan terhadap purchase intention pembelian tiket online studi pada situs traveloka. Selain itu tujuan lainnya yaitu untuk menganalisis pengaruh word of mouth dan celebrity endorse secara signifikan terhadap purchase intention dengan brand image sebagai pemediasi pada pembelian tiket online studi pada situs traveloka. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan paradigma analisis jalur. Lokasi penelitian di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat. Populasi sebanyak 5518 mahasiswa dengan sampel sebanyak 100 responden. Analisis data dimulai dengan uji instrumen data serta dilanjutkan dengan analisis regresi analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan dan secara parsial variabel Electronic Word of Mouth (X1), Celebrity Endorsment (X2), Brand image (X3) terhadap variabel dependen purchase intention berpengaruh secara signifikan terhadap purchase intention untuk pembelian tiket online pada situs Traveloka.

 

Kata Kunci : Mulut ke mulut elektronik, dukungan selebriti, citra merek, pembelian tiket daring, niat pembelian

 

Author Biographies

Mauren Watung, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

James D.D Massie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Imelda W.J Ogi, Universitas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-03-21