PENGARUH CONTENT MARKETING, SEARCH ENGINE OPTIMIZATION DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA FEB UNSRAT DI E-COMMERCE SOCIOLLA

Authors

  • Fadillah Abdjul Universitas Sam Ratulangi
  • James D.D Massie Universitas Sam Ratulangi
  • Yunita Mandagie Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41752

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut perusahaan untuk bisa berinovasi dan mengembangkan strategi pemasaran berbasis digital guna untuk mempertahankan usahanya ditengah persaingan dengan kompetitor lain dan untuk menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Content Marketing, Search Engine Optimization dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa FEB Unsrat di E-Commerce Sociolla. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa FEB Unsrat yang pernah melakukan pembelian di e-commerce Sociolla. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah penentuan sampel Roscoe yaitu pengambilan sampel berdasarkan sampel minimal dengan perhitungan jumlah variabel dikali 10. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan uji F, uji T untuk pengujian hipotesis dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan pengujian simultan content marketing, search engine optimization dan social media marketing secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan pengujian parsial ditemukan bahwa content marketing berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan search engine optimization dan social media marketing berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Sehingga sebaiknya perusahaan semakin memperhatikan variabel content marketing karena memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: Content marketing, search engine optimization, social media marketing, keputusan pembelian

Author Biographies

Fadillah Abdjul, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis 

Jurusan Manajemen

James D.D Massie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis 

Jurusan Manajemen

Yunita Mandagie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis 

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-07-25