PERAN AMANDA MANOPO SEBAGAI CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP MINAT MEMBELI DI TOKO ONLINE SHOPEE

Authors

  • Gabriela Alicia Stevina Potu Universitas Sam Ratulangi
  • Imelda Ogi Universitas Sam Ratulangi
  • Reitty L. Samadi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41890

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh attractiveness (daya tarik), trustworthiness(kepercayaan) dan expertise (keahlian) yang dimilikicelebrity endorser Amanda Manopo secara bersama-samamaupun secara parsial terhadap minat beli konsumen ditokoonline shopee. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatifdengan pendekatan assosiatif. Penelitian asosiatif merupakanpenelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruhataupun juga hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakankuisioner penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian inimenggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa (1) Daya Tarik yang dimiliki celebrity endorser Amanda Manopo tidak berpengaruh signifikanterhadap minat beli konsumen di toko online shopee, (2) Kepercayaan yang dimiliki celebrity endorser Amanda Manopo berpengaruh signifikan terhadap minat belikonsumen di toko online shopee, (3) Keahlian yang dimilikicelebrity endorser Amanda Manopo tidak berpengaruhsignifikan terhadap minat beli konsumen di toko online shopee dan (4) Daya Tarik, Kepercayaan dan Keahlian yang dimiliki celebrity endorser Amanda Manopo berpengaruhsignifikan terhadap minat beli konsumen di toko online shopee.  Pihak Shopee hendaknya lebih meningkatkan ataumempertahankan kepercayaan yang dimiliki endors merekayaitu Amanda Manopo agar dapat meningkatkan minat belikonsumen. Selain itu pihak Shopee hendaknya lebihmeningkatkan daya Tarik dan keahilian yang dimiliki endorsmereka yaitu Amanda Manopo agar dapat meningkatkanminat beli konsumen serta mengembangkan strategi dalammenarik minat konsumen.

 

Kata Kunci: daya Tarik, kepercayaan, keahlian, celebrity endorsment

Author Biographies

Gabriela Alicia Stevina Potu, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Imelda Ogi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Reitty L. Samadi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2022-07-19