ANALISIS KUALITAS PRODUK HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. AIR MANADO

Authors

  • Ratih Mirpay Suwikromo Universitas Sam Ratulangi
  • Agus Supandi Soegoto Universitas Sam Ratulangi
  • Imelda W.J Ogi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.42278

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan Kualitas Produk, Harga dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Air Manado, untuk mengetahui pengaruh parsial Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan, untuk mengetahui pengaruh secara parsial Harga terhadap Kepuasan Pelanggan, dan untuk mengetahui pengaruh parsial Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Air Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif asosiatif dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara dan kuesioner dengan menggunakan sampel yaitu pelanggan di PT Air Manado yang diambil sebanyak 100 responden. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa Kualitas Produk (X1), Harga (X2) dan Kualitas pelayanan (X3) berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) di PT Air Manado. Kualitas Produk (X1) secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan (Y), Harga (X2) secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan (Y), Kualitas Pelayanan (X3) secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) di PT Air Manado.

Author Biographies

Ratih Mirpay Suwikromo, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Agus Supandi Soegoto, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Imelda W.J Ogi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-07-27