STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN PEDAGANG DAN PENGUNJUNG PADA PASAR RAKYAT TOMBATU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA

Authors

  • Anggiresta Putri Samaria Pangau Universitas Sam Ratulangi
  • James D.D Massie Universitas Sam Ratulangi
  • Debry Ch.A Lintong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43074

Abstract

Pasar tradisional sangat berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan merupakan tulang punggung perekonomian yang tidak bisa dibiarkan. Pengelolaan Pasar Rakyat Tombatu terutama strategi pengembangan pasar sebagai upaya peningkatan kepuasan pedagang dan pengunjung sebagai konsumen menjadi fokus penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang tepat dalam pengembangan pasar tradisional sebagai upaya peningkatan kepuasan pedagang dan pengunjung pasar Rakyat Tombatu. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis melalui tahap matriks IFAS dan EFAS, diagram SWOT, dan matriks SWOT dapat diketahui bahwa jenis-jenis strategi yang tepat yang dapat diterapkan Pasar Rakyat Tombatu adalah strategi integrasi ke belakang, strategi penetrasi pasar, strategi integrasi horizontal, strategi pengembangan produk, strategi pengembangan pasar, dan strategi modernisasi pasar.

Author Biographies

Anggiresta Putri Samaria Pangau, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

James D.D Massie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Debry Ch.A Lintong, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-08-05