PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING, SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TIKTOK SHOP (STUDI PADA MAHASISWA DAN ALUMNI EQUIL CHOIR FEB UNSRAT)

Authors

  • Hana Yoflike Mokodompit Universitas Sam Ratulangi
  • S. L. H. V Joyce Lapian Universitas Sam Ratulangi
  • Ferdy Roring Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43393

Abstract

Sebagian besar masyarakat Indonesia melakukan aktivitas belanja online. Apalagi di masa pandemi Covid-19, belanja online menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga diri agar tidak terpapar Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh online customer rating, sistem pembayaran cash on delivery dan online customer review terhadap keputusan pembelian online pada mahasiswa dan alumni equil choir secara parsial dan secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Menggunakan teknik sampling jenuh yaitu mengambil 100% sampel dari jumlah populasi sebanyak 101 responden. Berdasarkan hasil uji t online customer rating berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, sistem pembayaran cash on delivery berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dan online customer review tidak berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan berdasarkan uji F online customer rating, sistem pembayaran cash on delivery, dan online customer review secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: online customer rating, cash on delivery, online customer review, keputusan pembelian

Author Biographies

Hana Yoflike Mokodompit, Universitas Sam Ratulangi

Fakulutas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

S. L. H. V Joyce Lapian, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Ferdy Roring, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-09-19