PKM PEMILIK RUMAH MAKAN IKAN BAKAR DI KELURAHAN TUMUMPA 1 KECAMATAN TUMINTING KOTA MANADO PROPINSI SULAWESI UTARA

Authors

  • Reitty Lilyanny Samadi Universitas Sam Ratulangi
  • Genita G Lumintang Universitas Sam Ratulangi
  • Jane Poluan Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43964

Abstract

Di era teknologi dan informasi saat ini, tentu setiap orang pasti ingin tetap mempertahankan usahanya dengan mengikuti perkembangan jaman dan dalam setiap aspek kehidupannya selalu mau berusaha termotivasi untuk mencapai apa yang menjadi keinginan atau tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya. Semua itu tentunya harus ada pengelolaan atau manajemen yang baik serta adanya dorongan dan strategi pemasaran dalam menjankan usahanya apalagi di tengah pandemi seperti saat ini. Literature menyangkut produktivitas atau usaha adalah proses dalam bisnis yang dapat diukur dari seberapa besar yang dimasukkan dan berapa besar yang dihasilkan. Sedangkan motivasi adalah proses yang berperan dalam intensitas,arah, dan lamanya berlangsung upaya individu kearah pencapaian sasaran. Empat fungsi manajemen POAC (Planning,Organizing,Actuating,Controlling) harus dilakukan apabila mau mencapai tujuan yg sudah ditetapkan. Kelurahan Tumumpa 1 Kecamatan Tuminting yang menjadi objek Tim Pengabdian Pada Masyarakat ini memiliki lokasi yang strategis yakni berada di kawasan pesisir pantai teluk Manado, kawasan bantaran Sungai (DAS Tondano) juga terdapat daerah perbukitan, serta merupakan salah satu Kelurahan padat penduduk di Kecamatan Tuminting. Masyarakat Kelurahan Tumumpa 1 Kecamatan Tuminting memiliki mata pencaharian yang beraneka ragam. Salah satu diantaranya adalah masyarakat yang menjalankan usaha Rumah Makan Ikan Bakar yang tentu butuh dorongan internal dan eksternal dalam peningkatan kinerja untuk meningkatkan ekonomi keluarga serta motivasi kearah yang lebih baik lagi dan juga bagaimana strategi dalam memasarkan atau menjalankan usaha rumah makan agar semakin banyak konsumen. Sehubungan dengan itu, sangatlah penting bagi masyarakat bagaimana cara mengelolah dengan baik, bagaimana menumbuhkan motivasi dalam mencapai sasaran atau tujuan.

 

Kata Kunci: manajemen, strategi pemasaran, motivasi.  

Downloads

Published

2022-11-15