ANALISIS QUALITY CONTROL YANG EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK PADA UD. MELVIN

Authors

  • Sabarsudi Mendrofa Universitas Nias
  • Jeliswan Berkat Iman Jaya Gea Universitas Nias
  • Yulisman Zega Universitas Nias

Abstract

Munculnya persaingan dalam dunia bisnis/usaha merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh setiap perusahaan. Perusahaan dimanapun pasti akan menghadapi ketatnya persaingan global, perkembangan yang  terjadi pada dunia teknologi dan digital yang sangat cepat dan perubahan-perubahan yang tidak bisa dikontrol, sehingga diharuskan setiap perusahaan harus menyesuaikan diri dengan perkembangan dan perubahan yang ada. Setiap bidang usaha mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan dan hal ini tidak serta merta mudah dicapai. Setiap pengusaha dalam menjalankan usahanya harus membaca situasi pasar dan mencegah serta menangani faktor-faktor yang membuat kerugian dalam usahanya. Penerapan quality control atau pengendalian mutu menjadi hal yang harus di gunakan oleh para pengusaha agar produk yang mereka produksi dan jual tetap eksis di kalangan masyarakat. Untuk mencapai keinginan dan tujuan, maka para pengusaha harus melakukan berbagai upaya untuk memuaskan para konsumen sehingga konsumen tetap loyal kepada perusahaan dan produk yang memiliki kualitas yang baik. Apabila proses produksi bagus dan terjamin kualitasnya, maka konsumen akan merasa puas dengan produk yang diciptakan. Kualitas produk menjadi hal yang harus sangat diperhatikan oleh para pengusaha dalam memproduksi barangnya sehingga perusahaan dapat dan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya.

Kata kunci: quality control, kualitas produk.

Downloads

Published

2022-11-29