PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KARTU PRABAYAR TELKOMSEL

Authors

  • Jessica J. Lenzun Universitas Sam Ratulangi Manado
  • James D.D. Massie Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Decky Adare Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5802

Abstract

Telkomsel merupakan sebuah operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia. Kualitas produk harga dan promosi merupakan hal penting yang harus diusahakan oleh setiap perusahaan jika ingin yang dihasilkan dapat bersaing di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menegetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar Telkomsel dikelurahan Winangun 1. Populasi penelitian ini adalah pelanggan pengguna kartu prabayar Telkomsel, teknik sampling yang digunakan accidental sampling dengan jumlah sampel 95 orang. Metode penelitian asosiatif dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan promosi berpengaruh negatif namun tidak siginifikan. Manajemen perusahan sebaiknya meningkatkan kualitas produk khususnya kualitas jaringan dengan meminimalisir terjadinya gangguan jaringan dan mempertahankan penetapan harga agar sesuai dengan kualitas produk.

Kata kunci : kualitas produk, harga, promosi, kepuasan pelanggan.

Author Biographies

Jessica J. Lenzun, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

James D.D. Massie, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Decky Adare, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2014-10-26