PENGARUH DISIPLIN KERJA, KUALITAS PELAYANAN DAN KEBAHAGIAAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MINAHASA TENGGARA PADA MASA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i4.58040Abstract
Kinerja pegawai merupakan factor yang mencerminkan keberhasilan suatu organisasi. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Kerja, Kualitas Pelayanan Dan Kebahagiaan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa Tenggara Pada Masa Pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai ASN di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa Tenggara, yang berjumlah 34 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampling jenuh yang merupakan teknik penentuan sampel apabila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dengan demikian maka jumlah sampel adalah 34 orang. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa disiplin kerja, kualitas pelayanan dan kebahagiaan secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Disiplin kerja berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja pegawai. Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai. Kebahagiaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa Tenggara.
Kata Kunci: Disiplin Kerja, Kualitas Pelayanan, Kebahagiaan, Kinerja Pegawai