Analisis Strategi Pemasaran Usaha Bisnis Kopra UD. Bukit Indah di Desa Wasian Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara

Authors

  • Griety Chenny Maniku Universitas Sam Ratulangi
  • Rudy S. Wenas Universitas Sam Ratulangi
  • Jessy J. Pondaag Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i4.58541

Abstract

Strategi pemasaran merupakan rencana menyeluruh yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan. Matriks IFAS, EFAS serta Matriks IE adalah salah satu konsep analisis strategi yang digunakan untuk melihat faktor internal perusahaan antara lain weakness dan strength dan melihat faktor eksternal perusahaan antara opportunity dan threaths. Adapun tujuan dari kajian ini yaitu mengetahui faktor internal (kekuatan dan kelemahan), faktor eksternal (peluang dan ancaman), dan strategi pemasaran pada usaha bisnis kopra UD. Bukit Indah di Desa Wasian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi serta informan berjumlah sepuluh orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor matriks EFAS 3,12 dan skor matriks IFAS 3,43, hal ini menunjukkan bahwa UD. Bukit Indah berada pada Kuadran I yang berada pada strategi pemasaran tumbuh dan membangun (grow and build). UD. Bukit Indah cukup baik dalam memanfaatkan peluang dan menghindari ancaman dan dipastikan ada pada posisi yang cukup kuat.

 

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks IE.

 

Downloads

Published

2024-10-17