PENGARUH DELIVERY ACCURACY DAN CASH ON DELIVERY (COD) TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION SHOPEE EXPRESS MANADO (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SAM RATULANGI ANGKATAN 2020)
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i4.58550Abstract
Pertumbuhan e-commerce di Indonesia telah meningkat dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Didorong
oleh peningkatan jumlah pengguna internet dan adopsi teknologi digital yang cepat, hal ini membuat perusahaan e-commerce
menimbulkan persaingan yang semakin tinggi dalam mendapatkan pelanggan. Salah satu e-commerce yang ada di Indonesia
yaitu shopee. Shopee memiliki berbagai macam metode pembayaran dan memiliki layanan ekspedisi sendiri yaitu shopee
express. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan agar dapat mempertahankan pelanggan yaitu dengan meningkatkan
ketepatan waktu pengiriman dan menyediakan metode pembayaran Cash On Delivery. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh Delivery Accuracy dan Cash On Delivery terhadap Customer Satisfaction Shopee
Express Manado pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif. Analisis data berupa analisis regresi linier berganda kemudian dianalisis menggunakan program IBM SPSS versi
29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Secara parsial Delivery Accuracy berpengaruh signifikan terhadap Customer
Satisfaction, (2) Secara parsial Cash On Delivery signifikan mempengaruhi Customer Satisfaction, (3) Secara simultan
Delivery Accuracy dan Cash On Delivery berpengaruh terhadap Customer Satisfaction.
Kata Kunci: Delivery Accuracy, Cash On Delivery, Customer Satisfaction