PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, FASHION INVOLVEMENT DAN UTILITARIAN MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING DI KKV MANADO TOWN SQUARE

Authors

  • Indira Timuhari Universitas Sam Ratulangi
  • Agus S. Soegoto
  • Jessy J. Pondaag

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i4.58581

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement  dan Utilitarian Motivation terhadap Impulse Buying di KKV Manado Town Square. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh pengunjung KKV Manado Town Square. Sampel dalam penelitian ini 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert 5 poin yang dibagikan kepada 100 responden pengunjung KKV Manado Town Square. Model pengolahan data menggunakan aplikasi SmartPLS versi 4.1.0.6. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai T Statistik variabel Shopping Lifestyle berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Impulse Buying. Fashion Involvement secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying dan Utilitarian Motivation secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying. Kesimpulannya H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh yang positif dan sign ifikan antara Shopping Lifestyle, Fashion Involvemnt dan Utilitarian Motivation terhadap Impulse Buying.

 

Kata Kunci: Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Utilitarian Motivation, Impulse Buying

Downloads

Published

2024-11-05