PENGARUH BEAUTY VLOGGER, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN PRODUCT BUNDLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SKINTIFIC PADA PLATFORM TIKTOK DI KOTA MANADO
Abstract
Internet menjadi alat pemasaran yang inovatif dan efektif dimana banyak pebisnis memanfaatkannya untuk memasarkan produk melalui e-commerce, situs web, dan media sosial termasuk Tiktok. Perkembangan teknologi juga berdampak pada industri perawatan kulit atau skincare termasuk Skintific. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh beauty vlogger, electronic word of mouth, dan product bundling terhadap keputusan pembelian produk skincare Skintific pada platform Tiktok di Kota Manado. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif dengan sampel berjumlah 100 responden yang dihitung menggunakan rumus Lameshow dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan di analisis menggunakan alat analisis SPSS versi 24. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa beauty vlogger, electronic word of mouth, dan product bundling secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil uji parsial menunjukkan bahwa beauty vlogger berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, electronic word of mouth berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dan product bundling berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.