PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi Pada Showroom Sumber Karunia Manado)
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i4.58980Abstract
Faktor utama yang dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang dijual yaitu kualitas produk, dimana kualitas produk yang terjamin akan memberikan kepuasan tersendiri bagi para konsumen. Harga juga mempengaruhi keputusan pembelian, karena harga merupakan salah satu faktor penting bagi konsumen dan sumber memperoleh keuntungan atau profit bagi para pelaku usaha dari penjualan produknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai pemediasi pada showroom Sumber Karunia Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli mobil di showroom Sumber Karunia Manad, yang berjumlah 53 orang. Penelitian ini menggunakan analis jalur serta dengan jumlah sampel sebanyak 53 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas Produk berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian mobil pada showroom Sumber Karunia Manado, (2) Persepsi Harga berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian mobil pada showroom Sumber Karunia Manado, (3) Kualitas Produk tidak berpengaruh Minat Beli mobil pada showroom Sumber Karunia Manado, (4) Persepsi Harga berpengaruh terhadap Minat Beli mobil pada showroom Sumber Karunia Manado, (5) Minat Beli berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian mobil pada showroom Sumber Karunia Manado, (6) Minat Beli yang merupakan pemediasi antara Kualitas Produk tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian mobil pada showroom Sumber Karunia Manado, dan (7) Minat Beli yang merupakan pemediasi antara Persepsi Harga tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian mobil pada showroom Sumber Karunia Manado. Pemilik Showroom harus tetap meningkatkan kualitas produk pada mobil yang dijual tetap mempertahankan minat beli konsumen untuk dapat meningkatkan keputusan pembelian, serta menetapkan harga yang lebih kompetitif sehingga dapat dijangkau konsumen dan tidak menekan konsumen.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Persepsi Harga, Minat Beli, Keputusan Pembelian