PENGARUH HARGA DAN ULASAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI MARKETPLACE SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i4.59078Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Harga Dan Ulasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Marketplace Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa FEB yang pernah melakukan pembelian di Market Place (e-commerce) Shopee. Penentuan jumlah sampel dapat didasarkan pada ukuran sampel lebih dari 30 orang dan kurang dari 500 orang adalah tepat untuk kebanyakan penelitian. Ukuran sampel sebaiknya beberapa kali (pada umumnya 10 kali atau lebih) lebih besar dari jumlah variabel dalam penelitian. Berdasarkan pendapat Roscoe tersebut, maka jumlah sampel pada penelitian ini minimal adalah 30 sampel yang terdapat dari 3 variabel (2 variabel dependen dan 1 variabel independen) dikali 10. Namun untuk menghindari jumlah respon rate yang rendah maka jumlah kuesioner yang dibagikan kepada responden adalah sebanyak 100 buah kuesioner dengan asumsi jika kuesioner terisi sudah lebih dari 40 maka data bisa dilanjutkan untuk diolah.Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Harga dan Ulasan Pelanggan secara bersama – sama / simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Ulasan Pelanggan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: harga, Ulasan Pelanggan dan keputusan pembelian