PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN, FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA HOTEL SWISSBELL DI KOTA MANADO)
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i4.59119Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti nyata tentang pengaruh kepercayaan konsumen, fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali dengan kepuasan pengunjung sebagai variabel intervening (studi pada hotel swissbell di kota manado, dengan menggunakan sampel sebanyak 74 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif, sedangkan Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan alat bantu program SPSS 25 untuk melakukan analisis. Hasil penelitian dapat di ketahui bahwa kepercayaan memiliki pengaruh positif dan yang signifikan terhadap minat berkunjung kembali, fasilitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berkunjung kembali, kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan minat berkunjung kembali tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan.
Kata Kunci: Kepercayaan Konsumen, Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Konsumen, Minat Berkunjung dan Kepuasan Pengunjung