PENGARUH IKLAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUTUSAN BELANJA DI TOKOPEDIA

Authors

  • Marzela ` Joroh Universitas Sam Ratulangi
  • Altje L. ` Tumbel Universitas Sam Ratulangi
  • Debry C. A. Lintong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i4.59299

Abstract

Di Indonesia saat ini mulai banyak bermunculan model dan aplikasi belanja online. Aplikasi belanja online merupakan portal bisnis dalam e-commerce yang menawarkan berbagai macam jenis produk kebutuhan sehari-hari seperti elektronik, perlengkapan rumah tangga, produk kecantikan, pakaian, perlengkapan olahraga, buku, dan lain-lain. Toko online yang banyak diminati seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia dan lain-lain. Perusahaan-perusahaan aplikasi ini bersaing ketat dalam menarik perhatian masyarakat agar memilih dan menggunakan aplikasi perusahaannya dan tetap setia menggunakan aplikasi belanja online tersebut. Salah satu toko online yang menarik untuk diteliti adalah Tokopedia. Tokopedia merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di Indonesia. PT Tokopedia bergerak dalam menciptakan suatu marketplace perdagangan secara elektronik. Kuisioner adalah teknik pengumpulan data dengan memberikan lembar pertanyaan dalam bentuk daftar tertulis yang telah dipersiapkan kepada responden. Hal ini berarti semakin menarik iklan yang disampaikan kepada konsumen, maka semakin meningkat minat belanja konsumen di Tokopedia. Minat belanja (beli) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan belanja (beli) konsumen di Tokopedia. Hal ini berarti semakin meningkat minat belanja, maka semakin meningkat pula keputusan konsumen untuk berbelanja di Tokopedia.

 

Kata Kunci: Iklan, Keputusan Belanja, Toko Pedia

Downloads

Published

2024-11-26