Analysis of the Impact of Covid 19 on Sales of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) (Case Study at the MSME Forum in Manado City)

Penulis

  • Helda Ruata Akuntansi, Universitas Sam Ratulangi
  • Priscillia Weku Akuntansi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.32400/gc.v18i2.50965

Abstrak

Pandemi Covid 19 memberikan dampak besar bagi sektor ekonomi karena banyaknya pembatasan kegiatan masyarakat khususnya bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Forum UMKM Kota Manado. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak yang di timbulkan oleh pandemi Covid 19 dan strategi bertahan yang di lakukan oleh UMKM di tengah terjadinya pandemi Covid 19 terhadap penjualan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Forum UMKM Kota Manado. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus dan bersifat deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi dengan pengurus Forum UMKM Kota Manado. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Covid 19 sangat berdampak pada penjualan di Forum UMKM Kota Manado, dimana hal tersebut dipengaruhi oleh adanya Peraturan Pemerintah No.21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar yang menyebabkan penjualan di Forum UMKM Kota Manado menurun disebabkan berkurangnya pelanggan. Adapun strategi bertahan dari pengurus Forum UMKM Kota Manado berupa pelatihan pengembangan usaha melalui media sosial sebagai sarana mempromosikan produk telah berjalan dengan baik, itu dibuktikan dengan peningkatan penjulan dan kondisi UMKM yang mampu bertahan di tengah krisis pandemi. Diharapkan Forum UMKM Kota Manado terus melakukan upaya-upaya dalam mempertahankan usaha bisnis karena masyarakat lebih banyak beraktivitas secara online mulai dari kerja dan belanja hanya menggunakan media sosial.
Kata kunci: Dampak Covid 19, Strategi

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-18