Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Go Public di Bursa Efek Indonesia (BEI)
DOI:
https://doi.org/10.35800/jjs.v10i2.24919Abstract
Abstract. This study aims to examine and analyze the influence of company size, company growth, profitability and public ownership of shares on CSR disclosures on annual reports of consumer goods manufacturing sector companies which have been go public on the Indonesia Stock Exchange (IDX). This is a quantitative research. The population in this study were 50 manufacturing companies in the consumer goods sector with a sample of 27 companies determined by purposive sampling technique. This research employed secondary data and multiple regression analysis. Multiple regression analysis was conducted with SPSS version 25. The results showed that company size influences positively and significantly CSR disclosure, the company's growth does not influence positively and significantly CSR disclosure, profitability influences positively but does not influence significantly CSR disclosure, and public share ownership does not influence positively and significantly CSR disclosure.
Keywords: Disclosure, corporate social responsibility, size, growth, profitability, public share ownership.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas dan kepemilikan saham oleh publik terhadap pengungkapan CSR pada laporan tahunan perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang sudah go publik di BEI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi dengan sampel penelitian yakni berjumlah 27 perusahaan data yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan data sekunder dengan menggunakan analisis data regresi logistik dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR, pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR, profitabilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR, kepemilikan saham publik tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR.
Kata kunci: Pengungkapan, tanggung jawab sosial, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, kepemilikan saham publik.