Pengaruh Leverage, Kepemilikan Institusional dan Arus Kas Operasi Terhadap Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Tambang yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019

Authors

  • AHMAD GAZALI
  • HERMAN KARAMOY
  • HENDRIK GAMALIEL

DOI:

https://doi.org/10.35800/jjs.v11i2.30278

Abstract

Abstract. This study aims to examine the effect of leverage, institutional ownership and operating cash flow on tax avoidance of mining companies. In this study using secondary data in the form of financial statements of mining companies from 2014-2019. The sample in this study were 34 company samples and 204 observations. The analytical method used in this study was multiple linear regression. The results showed that partially, variable leverage, institutional ownership and operating cash flow had positive effect on tax avoidance.

Keywords: leverage, institutional ownership, operating cash flow, tax avoidance 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage, kepemilikan institusional dan arus kas operasi terhadap penghindaran pajak perusahaan tambang. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan tambang dari tahun 2014-2019. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 sampel perusahaan dan jumlah pengamatan atau observasi sebanyak 204. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial, variabel leverage, kepemilikan institusional dan arus kas operasi berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak.

Kata Kunci: leverage, kepemilikan institusional, arus kas operasi, penghindaran pajak.

Downloads