Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Dirumah Sakit Umum Daerah Noongan Kec. Langowan Kabupaten Minahasa
Abstract
ABSTRAK
Â
Kualitas pelayanan publik adalah suatu keadaan dinamis yang berkaitan erat dengan produk atau jasa. sumber daya manusia serta proses dan lingkungan yang setidaknya dapat memenuhi atau dapat melebihi kualitas pelayanan yang diharapkan. Berdasarkan penelitian kualitas pelayanan kesehatan dirumah sakit umum daerah noongan kabupaten minahasa. kualitas pelayanan rawat jalan dirumah sakit umum daerah noongan masih perlu diperbaiki. masih ada beberapa hal yang masih perlu untuk ditingkatkan terutama pelayanan pada petugas bagian administrasi yang masih baru yang belum mempunyai keterampilan yang cukup baik dan cenderung masih kaku dalam memberikan pelayanan kepada pasien. diakui terjadi pada beberapa petugas yang masih baru dan belum mempunyai keterampilan yang cukup, dan pegawai loked yang sedang melaksanakan pelayanan karena minimnya pengalaman dan masih kaku, serta dinilai masih belajar sehingga jika berhadapan dengan pasien masih cenderung kaku masih terdapat beberapa petugas medis dan petugas administrasi yang berprilaku kurang ramah terhadap pasien dalam memberikan pelayanan,meskipun tidak menyatakan untuk semua petugas medis dan petugas administrasi, keluhan mengenai masalah ketidakramahan petugas mengarah kepada petugas administrasi dan perawat yang masih baru akan tetapi hal ini harus jadi perhatian jajaran pimpinan rumah sakit untuk segera dilakukan perbaikan dalam pengelolahan sumber daya manusia ( SDM) yang terdapat dirumah sakit umum daerah noongan, karena sebuah pelayanan publik yang baik harus disertai sikap dan perilaku yang baik dan penuh perhatian dari sumber layanan itu sendiri agar mencerminkan pelayanan yang maksimal dan memuaskan untuk stiap pasien poliklinik rawat jalan maupun pasien umum dirumah sakit umum daerah noongan kab minahasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif,
Â
Kata Kunci : Strategi, Kualitas Pelayanan, Rumah Sakit