Kinerja Perusahaan Daerah Cita Waya Esa Dalam Pengelolaan Retribusi Pasar 54 Amurang
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Mengapa kinerja Perusahaan Daerah Cita Waya Esa dalam pengelolaan retribusi Pasar 54 Amurang belum optimal. Kinerja merupakan hasil kerja yang dicapai pegawai dalam mengembangkan tugas dan pekerjaannya yang berasal dari organisasi. Kinerja juga merupakan suatu hasil yang dihasilkan oleh individu melalui proses dari organisasi atau perusahaan yang dapat diukur secara konkrit dan dibandingankan melalui standar yang telah ditentukan oleh perusahaan atau organisasi tersebut. Faktor yang mempengaruhi kinerja adalah faktor individu, variabel psikologi dan variabel organisasi. Pengelolaan retribusi pasar merupakan suatu tugas pemerintah dalam mengatur proses pemungutan dan mengelolah sumber pendapatan yang di peroleh dari pedagang terhadap pembangunan dan fasilitas yang di gunakan. Kebijakan retribusi pasar tersebut tidak dikeluarkan begitu saja karena retribusi ini diikat oleh undang-undang dan peraturan daerah setempat. Penelitian ini berlokasi di Perusahaan daerah Cita Waya Esa Amurang dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa Pengelolaan retribusi pasar 54 Amurang belum maksimal karena belum tercapainya target penerimaan retribusi pasar yang telah ditetapkan, Masih banyak sistem pengelolaan retribusi pasar yang harus diperbaiki, sehingga dengan pengelolaan retribusi pasar yang sesuai selanjutnya akan tercapainya tujuan mencapai target penerimaan retribusi pasar,
Â
Â
Kata Kunci : Kinerja, Perusahaan Daerah, Retribusi Pasar