Efektivitas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam Peningkatan Pelayanan Kebutuhan Air Bersih Pada Masyarakat (Studi Kasus PDAM Kota Tomohon)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui efektivitas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam peningkatan pelayanan kebutuhan air bersih pada masyarakat studi di Kota Tomohon. . PDAM merupakan salah satu instansi pemerintah yang berbentuk BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) yang memiliki jenis pelayanan termasuk dalam kelompok pelayanan barang yaitu pelayan yang menghasilkan berbagai bentuk/ jenis barang dalam hal ini adalah penyedian air bersih. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang mengembang tugas dan kewajiban untuk mengelolah air minum bagi kepentingan masyarakat/ pelanggan tidak luput dihadapkan pada tuntutan untuk senangtiasa mampu memberikan pelayanan yang unggul dalam upaya meningkatkan kepuasan kepada pelanggang di Kota Tomohon. PDAM sebagai perusahaan pemberi layanan publik yang berorientasi juga pada kepentingan profit, PDAM Kota Tomohon harus dikelolah dengan baik berdasarkan asas-asas ekonomi perusahaan sehingga harus dapat memelihara kelangsungan hidup perusahaan, namun tetap harus mampu melayani kebutuhan masyarakat atau pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa PDAM dalam memahami program peningkatan pelayanan kebutuhan air bersih pada masyarakat Kota Tomohon, tepat sasaran peningkatan kebutuhan air bersih pada masyarakat Kota Tomohon yang diberikan oleh PDAM dinilai belum maksimal, hal ini ditunjukkan dari cakupan pelayanan PDAM pada masyarakat, %, hal ini dibuktikan dari data yang diperoleh oleh informan
Kata Kunci : Efektivitas, PDAM, Air Bersih