Rancang Bangun Simulasi Akreditasi Program Studi Berbasis Web

Authors

  • Josua Waraney Supit Sam Ratulangi University
  • Virginia Tulenan Sam Ratulangi University
  • Steven Ray Sentinuwo Sam Ratulangi University

DOI:

https://doi.org/10.35793/jti.v15i3.29669

Keywords:

Akreditasi, Program Studi, Simulasi, Website

Abstract

Dalam suatu universitas, untuk mendukung sebuah program studi agar bisa mendapatkan akreditasi dengan peringkat terbaik, program studi dapat melakukan simulasi akreditasi pada program studi tersebut. Dengan diperbaruinya Instrumen Akreditasi Program Studi menjadi versi 4.0, maka diperlukan alat bantu terbaru untuk menyimulasikan akreditasi program studi. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi simulasi akreditasi program studi berbasis website. Untuk mengembangkan aplikasi pada penelitian ini, digunakan metode pengembangan aplikasi Rapid Application Development. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi baru yang dapat digunakan untuk menyimulasikan proses akreditasi suatu program studi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi simulasi akreditasi program studi berbasis web dapat dibuat dengan menggunakan perhitungan dari file excel simulasi akreditasi program studi dan dengan mengikuti arahan penilaian akreditasi dari file lampiran 1 Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 yang dapat diunduh pada website resmi BAN-PT. Selain berkas-berkas tersebut, Aplikasi simulasi akreditasi program studi berbasis web dapat dibuat dengan menggunakan bahasa HTML, CSS, PHP, dan JavaScript.

References

Hariyady, H., Paramitha, A. P., & Kusuma, W. A. (2020). Dashboard Akreditasi program Studi Standar 5 Berbasis Key Performance Indicator. Repositor, 1(1), 113–122. https://doi.org/10.22219/repositor.v2i1.652

K. Kendall and J. Kendall, Analisis dan Perancangan Sistem. Jakarta, Indonesia: Indeks, 2010.

Kamal, B., & Rahmadiane, G. D. (2017). Pengaruh Persepsi, Akreditasi Prodi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Memilih Program Studi Akuntansi Pada Politeknik Harapan Bersama. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 145. https://doi.org/10.33603/jibm.v1i2.866

Nulhaqim, S. A., Heryadi, D. H., Pancasilawan, R., & Ferdryansyah, M. (2016). Peranan Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Menghadapi Asean Community 2015 Studi Kasus: Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung. Share : Social Work Journal, 6(2), 197. https://doi.org/10.24198/share.v6i2.13209

Pemerintah Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasionalâ€. 2003.

Puteri, M. P., & Effendi, H. (2018). Implementasi Metode RAD Pada Website Service Guide “Tour Waterfall South Sumatera.†Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(2), 130. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i2.570

Radliya, N. R., & Sidik, R. (2018). Rancang Bangun Sistem Repository Akreditasi Program Studi Manajemen Informatika. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 8(2). https://doi.org/10.34010/jamika.v8i2.1030

Rantung, H. A., Sambul, A. M., & Najoan, X. B. N. (2019). Sistem Informasi Diklat Berbasis Web. Sistem Informasi Diklat Berbasis Web, 14(1), 9–14. https://doi.org/10.35793/jti.14.1.2019.23774

S. Janner, “Metodologi Pengembangan Aplikasi Web,†in Rekayasa Web, 1st ed. Yogyakarta, Indonesia: Penerbit Andi, 2010, pp. 185.

Toreh, Y. J. B., Sentinuwo, S. R., & Sambul, A. M. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Website Administrasi Kerja Praktek Dan Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.35793/jti.9.1.2016.13780

Ulum, I. (2019). Intellectual Capital Framework Perguruan Tinggi Di Indonesia Berdasarkan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 9(3), 309–318. https://doi.org/10.22219/jrak.v9i3.63

Wahyudi, A. (2018). Perancangan Sistem Menggunakan Metode SDLC. Jurnal Dinamika Informatika, 4(2), 1–11. https://doi.org/10.31219/osf.io/f7kvd

Downloads

Published

2021-02-11