Aplikasi Pembelajaran Interaktif Tarian Adat Sajojo

Authors

  • Atika Puspitasari Ahmad Sam Ratulangi University
  • Sherwin R.U.A. Sompie Sam Ratulangi University
  • Sary Paturusi Sam Ratulangi University

DOI:

https://doi.org/10.35793/jti.15.4.2020.31447

Keywords:

Animasi 3D, Aplikasi Pembelajaran Interaktif, Multimedia Development Life Cycle, Tari Sajojo

Abstract

Tari sajojo merupakan tarian untuk menyampaikan pesan selamat datang pada para tamu. Hingga saat ini, tarian ini terus dilestarikan dan dikembangkan namun tetap menjaga kekhasan lagu dan keunikan gerakannya. Karena gerakannya yang sangat khas dan penuh kegembiraan, Tarian sajojo menjadi sangat populer dan berkembang pesat di kalangan masyarakat Papua. Namun sayangnya tidak semua masyarakat di luar Papua mengetahui atau mengenal gerakan dari tarian Sajojo. Salah satu cara untuk mengenalkan kepada orang-orang dalam pembelajaran tarian adat sajojo adalah dengan media pembelajaran interaktif yang menggunakan animasi 3 dimensi (3D) pada tampilan agar terlihat menarik dan setiap gerakan bisa terlihat jelas, serta akan ditambahkan mengenai pengetahuan dasar tarian sajojo seperti sejarahnya,dll. Maka dari itu dibuatlah sebuah aplikasi pembelajaran interaktif dengan teknologi mobile yang dapat dipakai tanpa batasan ruang dan waktu. Dirancanglah sebuah aplikasi pembelajaran interaktif tarian adat sajojo dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang mempunyai enam tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Dalam aplikasi ini terdapat karakter laki-laki dengan
berpakaian adat Papua agar menarik minat masyarakat dalam mempelajari gerakan tarian adat sajojo.

References

Yunita Caroline Umpenawany, P. S. Virginia Tulenan, and Brave A. Sugiarso, and U. S. R. Informatika, Fakultas Teknik, “Rancang Bangun Film Animasi 3 Dimensi Universitas Sam Ratulangi,†pp. 1–7, 2016.

Victor Waeo, Arie S. M. Lumenta, , and Brave A. Sugiarso, U. S. R. Informatika, and Manado, “Implementasi Gerakan Manusia Pada Animasi 3D Dengan Menggunakan Menggunakan Metode Pose to pose,†vol. 9, no. 1, pp. 1–8, 2016.

A. Nugroho, “Tari Sajojo tarian tradisional dari Papua,†2015. http://www.negerikuindonesia.com/2015/11/tari-Sajojo-tarian-tradisional-dari.html.

Dewi C., Florentina, C. Ester L., and I. Sujiati, Kressetiyarini, FKIP Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, “Matematika dalam Gerakan Tari Sajojo,†pp. 43–53, 2016.

Rizayani, “Bentuk Penyajian Tari Sajojo Pada Perkumpulan Mahasiswa Papua Di Banda Aceh,†FKIP Universitas Syiah Kuala Darussalam, 2015.

Dwayne Jeremy, M. A. I. P. S. K. Euagellino Prihanto, T. Informatika, U. Kristen, S. Wacana, and Notohamidjojo, “Perancangan Teknik Kriptografi Block Cipher Berbasis Pola Tarian Sajojo Papua,†vol. XI, no. 2, 2019.

Meiva Feronica, S. Tamara, Virginia Tulenan, U. Paturusi, Teknik Elektro, and M. Sam Ratulangi, “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa SD,†vol. 14, no. 3, 2019.

Widya Ayu Lestari, Brave A. Sugiarso, Sherwin R.U.A Sompie, “Aplikasi Mobile Learning Interaktif Bacaan Doa Sehari-hari dan Dzikir Pagi & Petang,†Teknik Elektro Universitas Sam Ratulangi vol. 14, no. 1, pp. 99–108, 2019.

G. Pramono, “Interaktivitas Dan Learner Control pada Multimedia Interaktif,†no. 19, pp. 39–55, 2006.

Abdul Majid, "Perencanaan pembelajaran : mengembangkan standar kompetensi guru". Universitas Negeri Malang. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2006.

M. G.-H. Vaughan Tay, Edition Eighth, Multimedia : Making It Work. Newyork, 2010.

Marfil Rompas, Alicia Sinsuw, Jimmy Robot, Xaverius Najoan. “PERANCANGAN GEDUNG FAKULTAS TEKNIK UNSRAT DENGAN PERSPEKTIF ANIMASI 3D,†vol. Vol. 2 No.

Downloads

Published

2020-12-15