DESAIN PORTAL E-LEARNING BERDASARKAN HASIL ANALISIS USER EXPERIENCE UNTUK MENENTUKAN USABILITY MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION
DOI:
https://doi.org/10.35793/jti.v19i02.53754Abstract
— E-learning Unsrat adalah sistem pembelajaran elektronik untuk mempermudah mahasiswa dalam belajar . E-learning unsrat ini perlu dilakukan evaluasi kualitas agar sejauh mana portal e-learning ini memenuhi standar desain yang diinginkan untuk mendapatkan hasil yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode Heuristic Evaluation dengan menganalisis pengalaman pengguna untuk mengetahui permasalahan pada pengalaman pengguna dan memberikan sebuah usulan atau rekomendasi berupa prototype dengan menggunakan figma. Metode heuristic evaluation memakai 10 variabel metode Heuristic Evaluation dengan skala severity ratings. Hasil dari penelitian ini menunjukan tingkat dari aspek heuristic evaluation, dimana dari sepuluh aspeknya semuanya memiliki nilai rata-rata severity ratings 1 yaitu cosmetic yaitu visibility of system status, match between system and the real world, user control and freedom, consistency and standards, error prevention, recognition rather than recall, flexibility and efficiency of use, aesthetic and minimalist design, dan help users recognize, diagnose, and recovers from errors dan 1 aspek yang mendapatkan nilai severity ratings lebih tinggi dari aspek yang lain yaitu , aesthetic and minimalist design. Dari 10 aspek heuristic evaluation tersebut ada 1 apek yang tertinggi yaitu , aesthetic and minimalist design dengan nilai rata-rata severty rating 1,449 dengan aesthetic and minimalist design yang terbilang lebih tinggi presentase saverity ratings penulis membuat prototype tampilan home dan login.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Geofani Waladow, Sary D. E. Paturusi, Arie S. M. Lumenta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.