Direct Marketing, Sales Promotion, dan Hedonic Shopping Motivation terhadap Purchase Decision
Studi pada Fitur Shopee Live
Keywords:
penjualan langsung, promosi penjualan, motivasi belanja, keputusan pembelian, shopeeAbstract
Meningkatnya perilaku belanja online di Indonesia mendorong marketplace untuk berinovasi dan berkembang untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Namun, beberapa marketplace fokus untuk menciptakan persepsi positif di benak konsumen tanpa memahami preferensi dan karakteristik konsumen, yang merupakan faktor penting dalam keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh direct marketing, sales promotion, dan hedonic shopping motivation terhadap purchase decision pada fitur Shopee Live. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 385 responden yang menggunakan Shopee Live di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang meliputi analisis data deskriptif, method of successive interval, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa direct marketing dan sales promotion berada pada kategori sangat baik, sedangkan hedonic shopping motivation berada pada kategori baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan direct marketing, sales promotion, dan hedonic shopping motivation terhadap purchase decision secara parsial dan simultan.
References
A Review Of Internet Shopping Factors: Do The Technology Acceptance Model Or Theory Of Reasoned Action Model Apply? (2009). Issues In Information Systems. https://doi.org/10.48009/2_iis_2009_495-504
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior.
Meitiana, M. (2017). Perilaku Pembelian Konsumen: Sebuah Tinjauan Literatur Theory of Planned Behavior. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 13(1), 16. https://doi.org/10.21067/jem.v13i1.1762
Mulya Prajana, A., Syafikarani, A., & Nastiti, N. E. (2021) Pemanfaatan Video Streaming Sebagai Media Pemasaran Pada Fitur Shopee Live. https://ojs.unm.ac.id/tanra/
Nyoman, N., Seni, A., Made, N., & Ratnadi, D. (2017). Theory Of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. Dalam Bisnis Universitas Udayana (Vol. 6).
Hanaysha, J. R. (2018). An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review, 2(1), 7–23. https://doi.org/10.1108/PRR-08-2017-0034
Fadhilah, M., Cahyani, P. D., & Rahmawati, D. (2023). Meningkatkan Keputusan Pembelian melalui Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, Online Customer Review pada Produk Fashion di Shopee (Studi pada Konsumen Marketplace Shopee). J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(1), 135. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.931
Tousalwa, C. C., Pattipeilohy, V. R., Ferdinandus, S., Niaga, J. A., & Ambon, P. N. (2019). Faktor-Faktor Determinan Keputusan Pembelian secara Online Produk Fashion melalui Media Sosial di Kota Ambon. Jurnal Maneksi, 8(2).
Widyastuti, A. N., Pujiharto, P., Tubastuvi, N., & Santoso, S. B. (2020). The Effect of Marketing Mix on Purchase Decisions. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2). https://doi.org/10.18196/mb.11295
Yusuf, A., & Sunarsi, D. (2020). The Effect Of Promotion And Price On Purchase Decisions. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(2).
Frimayasa, A., & Haris Nasution, I. (2022). The Influence Of Social Media, Celebrity Endoser, And Brand Image On Consumer Purchase Decisions At Tokopedia. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3).
Garnier, U., Di, M., Langsa, K., Fadly, M., Putri, T., Bulan, L., & Amilia, S. (2023). Pengaruh Customer Satisfaction dan Customer Experience Terhadap Minat Beli. 3(1), 221–230.
Syahputra. (2023). Peran Promosi dalam Mempengaruhi Perilaku Konsumen. Infes Media.
Adawiyah, R., & Soesanto, H. (2021). Pengaruh Iklan, Sales Promotion dan Personal Selling terhadap Keputusan Pengguna Laku Pandai BCA Melalui Ekuitas Merek sebagai Variabel Intervening (Studi di Wilayah Kabupaten Demak). Diponegoro Journal Of Management, 10(5), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Aprilliani, S. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Ace Hardware Grand Indonesia (Vol. 5, Nomor 2).
Arianto, N., Asmalah, L., Rahayu, S., Ekonomi, F., Bisnis, D., Pamulang, U., & Id, A. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(3), 308–314. https://doi.org/10.32493/drb.v6i3.29418
Arisman, A., & Imam, S. (2022). Does Live Stream Selling Affect Customer Engagement and Purchase Intention? The Shopee Live Platform Case Study. ASEAN Marketing Journal, 14(2). https://doi.org/10.21002/amj.v14i2.1201
Ayu, A., Sari, P., Alhada, M., & Habib, F. (2023). Strategi Pemasaran Menggunakan Fitur Shopee Live Streaming Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen (Studi Kasus Thrift Shop di Kabupaten Tulungagung). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 41–58. https://doi.org/10.5281/zenodo.8280759
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.