Meningkatkan Pariwisata Gedung Heritage Kota Bandung melalui Optimalisasi Digital Marketing Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang
Keywords:
Pemasaran Digital, Warisan Budaya, Media Sosial, Pemasaran PariwisataAbstract
Hasil penelitian menunjukkan meskipun upaya telah dilakukan, terdapat kendala signifikan seperti keterbatasan anggaran, teknologi, dan sumber daya manusia. Strategi pemasaran kurang melibatkan audiens muda. Untuk mengatasi kendala ini, penelitian merekomendasikan optimalisasi pemasaran digital melalui konten kreatif, peningkatan interaksi di media sosial, serta investasi dalam teknologi dan pelatihan staf. Solusi ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan meningkatkan keterlibatan pengunjung, serta memberikan kontribusi baik secara teoritis maupun praktis dalam bidang pelestarian heritage dan pemasaran digital.
References
Br Sihombing, F. V., Setyaningbudi, N. A., Maghfira, S. R., & Aulia, T. F. (2024). Dampak Pemanfaatah Bandros Pada Minat Berkunjung Wisata Heritage di Kota Bandung. Jurnal Darma Agung, 32 No. 4, 11–17.
Cahyani, E. N., N, D. P., & Fitriyani, E. (2021). Analsis Instagram sebagai Social Media Marketing di Industri Perhotelan. Jurnal Ilmiah Hospitality, 10(1), 29–46. https://doi.org/10.47492/jih.v10i1.642
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2017). Digital marketing plan. In Digital Marketing Excellence (pp. 555–626). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315640341-10
Damayanti, R. A., & Puspitasari, A. Y. (2024). Kajian Potensi Daya Tarik Wisata Heritage di Indonesia. Jurnal Kajian Ruang, 4(1), 13. https://doi.org/10.30659/jkr.v4i1.36639
Deb, S. K., Nafi, S. M., & Valeri, M. (2024). Promoting tourism business through digital marketing in the new normal era: a sustainable approach. European Journal of Innovation Management, 27(3), 775–799. https://doi.org/10.1108/EJIM-04-2022-0218
Haque-fawzi, M. G., Iskandar, ahmad syarief, Erlangga, H., Nurjaya, Sumarsi, D., & I. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. In Pascal Books. http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/4973
Hasdiansa, I. W., & Hasbiah, S. (2024). Pelatihan Penganggaran Kas pada Pelaku UMKM Katering di Jalan Alauddin Kota Makassar. Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.61994/bersama.v2i1.607
Kotler, P. (2017). Philip Kotler: some of my adventures in marketing. Journal of Historical Research in Marketing, 9(2), 203–208. https://doi.org/10.1108/jhrm-11-2016-0027
Kumavat, P. P. (2012). A Book Review On Principles Of Marketing Management 14Th Edition By Philip Kotler And Gary Armstrong. International Journal of Scientific Research, 1(4), 83–85. https://doi.org/10.15373/22778179/sep2012/29
Mulyana, H. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing Terhadap Minat Berkunjung di Saung Angklung Udjo Bandung. Manajemen Dan Pariwisata, 2(2), 188–208. https://doi.org/10.32659/jmp.v2i2.296
Murdani, K. M., & Merta, I. K. M. (2023). Effect Brand Image dan Social Media Marketing terhadap Purchase Intention UMKM Kain Endek Gianyar Bali. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 6(1), 100–124. https://doi.org/10.47532/jis.v6i1.679
Mustafa Ayobami Raji, Hameedat Bukola Olodo, Timothy Tolulope Oke, Wilhelmina Afua Addy, Onyeka Chrisanctus Ofodile, & Adedoyin Tolulope Oyewole. (2024). Digital Marketing in Tourism: a Review of Practices in the Usa and Africa. International Journal of Applied Research in Social Sciences, 6(3), 393–408. https://doi.org/10.51594/ijarss.v6i3.896
Nasution, E. (2016). Metodologi Penelitian Model Praktis Penelitian Kualitatif. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. www.penerbitlitnus.co.id
Nur Adiya, A. Z. D., Anggraeni, D. L., & Ilham Albana. (2024). Analisa Perbandingan Penggunaan Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, Iterative, Spiral, Rapid Application Development (RAD)). Merkurius : Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika, 2(4), 122–134. https://doi.org/10.61132/merkurius.v2i4.148
Otopah, A. A., Dogbe, C. S. K., Amofah, O., & Ahlijah, B. (2024). Digital marketing and purchase intention of bank services: the role of trust and engagement. International Journal of Bank Marketing, August. https://doi.org/10.1108/IJBM-02-2023-0097
Prana, S. A., Nurhidayati, N., & Haulia, N. (2023). Analisis Efektivitas Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Hunian Kamar Pada Sheraton Hotel and Restaurant Lombokdi Masa Pandemi Covid 19. Business Management, 2(1). https://doi.org/10.58258/bisnis.v2i1.5429
Purike, E., Azizah, N., Ajibroto, K., Kesumah, P., & Sujana, N. (2023). Wisata Heritage Dan Kalangan Milenial Muda Di Kota Bandung. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.47861/tuturan.v1i1.109
Raihana Putri Junaedi, S., Victoriani, & Edmond, D. (2024). Successful Digital Marketing Techniques for Business Development. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal), 3(1), 19–25. https://doi.org/10.33050/sabda.v3i1.429
Santosa, M., & Vanel, Z. (2022). Strategi Digital Marketing Mg Setos Hotel Semarang Dalam Meningkatkan Revenue Di Masa Pandemi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(2), 234–242. https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i2.50088
Wijoyo, M. L. P., & Reviyanti, N. (2024). Digitalisasi dan Eksistensi Media Cetak (Studi Kasus Majalah Maisona) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 4297–4302. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4119
Yanti, D. (2019). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Industri Perhotelan di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Akomodasi Agung, 6(2). https://doi.org/10.51827/jiaa.v6i2.37
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.