Meningkatkan Pariwisata Gedung Heritage Kota Bandung melalui Optimalisasi Digital Marketing Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang

Authors

  • Septiana Dwiputrianti Politeknik STIA LAN Bandung
  • Caesar Octoviandy Purba Politeknik STIA LAN Bandung
  • Ramayani Yusuf Politeknik Pajajaran Insan Cinta Bangsa
  • Meilinda Universitas Katolik Parahyangan
  • Dian Herawati Politeknik STIA LAN Bandung
  • Putri Wulandari Atur Rejeki Politeknik STIA LAN Bandung

Keywords:

Pemasaran Digital, Warisan Budaya, Media Sosial, Pemasaran Pariwisata

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan meskipun upaya telah dilakukan, terdapat kendala signifikan seperti keterbatasan anggaran, teknologi, dan sumber daya manusia. Strategi pemasaran kurang melibatkan audiens muda. Untuk mengatasi kendala ini, penelitian merekomendasikan optimalisasi pemasaran digital melalui konten kreatif, peningkatan interaksi di media sosial, serta investasi dalam teknologi dan pelatihan staf. Solusi ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan meningkatkan keterlibatan pengunjung, serta memberikan kontribusi baik secara teoritis maupun praktis dalam bidang pelestarian heritage dan pemasaran digital.

References

Br Sihombing, F. V., Setyaningbudi, N. A., Maghfira, S. R., & Aulia, T. F. (2024). Dampak Pemanfaatah Bandros Pada Minat Berkunjung Wisata Heritage di Kota Bandung. Jurnal Darma Agung, 32 No. 4, 11–17.

Cahyani, E. N., N, D. P., & Fitriyani, E. (2021). Analsis Instagram sebagai Social Media Marketing di Industri Perhotelan. Jurnal Ilmiah Hospitality, 10(1), 29–46. https://doi.org/10.47492/jih.v10i1.642

Chaffey, D., & Smith, P. R. (2017). Digital marketing plan. In Digital Marketing Excellence (pp. 555–626). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315640341-10

Damayanti, R. A., & Puspitasari, A. Y. (2024). Kajian Potensi Daya Tarik Wisata Heritage di Indonesia. Jurnal Kajian Ruang, 4(1), 13. https://doi.org/10.30659/jkr.v4i1.36639

Deb, S. K., Nafi, S. M., & Valeri, M. (2024). Promoting tourism business through digital marketing in the new normal era: a sustainable approach. European Journal of Innovation Management, 27(3), 775–799. https://doi.org/10.1108/EJIM-04-2022-0218

Haque-fawzi, M. G., Iskandar, ahmad syarief, Erlangga, H., Nurjaya, Sumarsi, D., & I. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. In Pascal Books. http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/4973

Hasdiansa, I. W., & Hasbiah, S. (2024). Pelatihan Penganggaran Kas pada Pelaku UMKM Katering di Jalan Alauddin Kota Makassar. Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.61994/bersama.v2i1.607

Kotler, P. (2017). Philip Kotler: some of my adventures in marketing. Journal of Historical Research in Marketing, 9(2), 203–208. https://doi.org/10.1108/jhrm-11-2016-0027

Kumavat, P. P. (2012). A Book Review On Principles Of Marketing Management 14Th Edition By Philip Kotler And Gary Armstrong. International Journal of Scientific Research, 1(4), 83–85. https://doi.org/10.15373/22778179/sep2012/29

Mulyana, H. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing Terhadap Minat Berkunjung di Saung Angklung Udjo Bandung. Manajemen Dan Pariwisata, 2(2), 188–208. https://doi.org/10.32659/jmp.v2i2.296

Murdani, K. M., & Merta, I. K. M. (2023). Effect Brand Image dan Social Media Marketing terhadap Purchase Intention UMKM Kain Endek Gianyar Bali. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 6(1), 100–124. https://doi.org/10.47532/jis.v6i1.679

Mustafa Ayobami Raji, Hameedat Bukola Olodo, Timothy Tolulope Oke, Wilhelmina Afua Addy, Onyeka Chrisanctus Ofodile, & Adedoyin Tolulope Oyewole. (2024). Digital Marketing in Tourism: a Review of Practices in the Usa and Africa. International Journal of Applied Research in Social Sciences, 6(3), 393–408. https://doi.org/10.51594/ijarss.v6i3.896

Nasution, E. (2016). Metodologi Penelitian Model Praktis Penelitian Kualitatif. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. www.penerbitlitnus.co.id

Nur Adiya, A. Z. D., Anggraeni, D. L., & Ilham Albana. (2024). Analisa Perbandingan Penggunaan Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, Iterative, Spiral, Rapid Application Development (RAD)). Merkurius : Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika, 2(4), 122–134. https://doi.org/10.61132/merkurius.v2i4.148

Otopah, A. A., Dogbe, C. S. K., Amofah, O., & Ahlijah, B. (2024). Digital marketing and purchase intention of bank services: the role of trust and engagement. International Journal of Bank Marketing, August. https://doi.org/10.1108/IJBM-02-2023-0097

Prana, S. A., Nurhidayati, N., & Haulia, N. (2023). Analisis Efektivitas Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Hunian Kamar Pada Sheraton Hotel and Restaurant Lombokdi Masa Pandemi Covid 19. Business Management, 2(1). https://doi.org/10.58258/bisnis.v2i1.5429

Purike, E., Azizah, N., Ajibroto, K., Kesumah, P., & Sujana, N. (2023). Wisata Heritage Dan Kalangan Milenial Muda Di Kota Bandung. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.47861/tuturan.v1i1.109

Raihana Putri Junaedi, S., Victoriani, & Edmond, D. (2024). Successful Digital Marketing Techniques for Business Development. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal), 3(1), 19–25. https://doi.org/10.33050/sabda.v3i1.429

Santosa, M., & Vanel, Z. (2022). Strategi Digital Marketing Mg Setos Hotel Semarang Dalam Meningkatkan Revenue Di Masa Pandemi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(2), 234–242. https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i2.50088

Wijoyo, M. L. P., & Reviyanti, N. (2024). Digitalisasi dan Eksistensi Media Cetak (Studi Kasus Majalah Maisona) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 4297–4302. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4119

Yanti, D. (2019). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Industri Perhotelan di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Akomodasi Agung, 6(2). https://doi.org/10.51827/jiaa.v6i2.37

Published

08-05-2025

How to Cite

Septiana Dwiputrianti, Purba, C. O., Ramayani Yusuf, Meilinda, Dian Herawati, & Atur Rejeki, P. W. (2025). Meningkatkan Pariwisata Gedung Heritage Kota Bandung melalui Optimalisasi Digital Marketing Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 15(2), 125–137. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/61568

Issue

Section

Articles