Pengaruh Promosi Desa Wisata Budo Melalui Instagram Terhadap Perilaku Berkunjung Wisatawan Lokal

Penulis

  • Febri Lestari Mairi Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sam Ratulangi
  • Reiner Richard Onsu Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sam Ratulangi
  • Lingkan E. Tulung Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35797/jab.13.1.59-63

Abstrak

Perilaku berkunjung wisatawan dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah promosi yang dilakukan melalui Instagram, namun minimnya kunjungan dari wisatawan yang disebabkan karena kurang maksimalnya promosi yang dilakukan dan tidak konsisten serta munculnya pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi desa wisata Budo melalui instagram terhadap perilaku berkunjung wisatawan lokal. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu followers akun Instagram @desawisata.budo berjumlah 644 (09 Januari 2023) dengan jumlah sampel sebanyak 87 responden, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik probability sampling dengan pendekatan Simple Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian uji hipotesis (t) didapatkan nilai = 10,430 > nilai = 1,988 maka ditarik kesimpulan terdapat pengaruh positif dan signifikan Promosi Desa Wisata melalui Instagram terhadap Perilaku Berkunjung Wisatawan Lokal. Diperoleh nilai koefisien determinasi atau  sebesar 0,561 artinya terdapat pengaruh sebesar 56,1% promosi desa wisata budo (X) terhadap perilaku berkunjung wisatawan lokal (Y).

Diterbitkan

2023-05-04

Cara Mengutip

Mairi, F. L., Onsu, R. R., & Tulung, L. E. (2023). Pengaruh Promosi Desa Wisata Budo Melalui Instagram Terhadap Perilaku Berkunjung Wisatawan Lokal. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 13(1), 59–63. https://doi.org/10.35797/jab.13.1.59-63

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama